"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Cetak Kartu NUPTK Padamu Negeri Tahun 2014

Cara Cetak Kartu NUPTK Padamu Negeri - Sebagai bukti keaktifan PTK di tahun pelajaran 2014-2015 maka masing-masing PTK (Guru dan Tenaga Pendidikan) diharuskan untuk melaporkan status keaktifan NUPTK/PegID melalui akun Padamu Negeri.

Setelah melalui tahap pelaporan keaktifan PTK ini nantinya masing-masing PTK dapat secara langsung mencetak Kartu Identitas PTK / Kartu NUPTK.
Tahap pelaporan status keaktifan PTK ini bisa dilakukan secara mandiri via online melalui masing-masing akun PTK yang telah dimiliki sebelumnya dengan didampingi oleh operator sekolah. Masa pelaporan keaktifan ini diagendakan mulai dari tanggal 18 Agustus 2014 s/d 31 Desember 2014.

Cara Pengaktifan NUPTK/PegID :
  1. Silahkan login di akun PTK di http://padamu.siap.web.id

  2. Klik menu 'Padamu PTK'
  3. Jika muncul tampilan Pop-Up ProDEP silahkan ditutup saja dengan mengklik tanda silang yang berada di pojok kanan atas (kecuali jika anda ingin mengajukan diri sebagai peserta program ProDEP Kepala Sekolah tersebut)

  4. Tahap pertama, klik tombol 'Isi Angket' untuk memulai mengisi angket EDS PTK
  5. Silahkan isi angket EDS yang tersedia (56 pertanyaan untuk PTK) dengan mengklik pilihan pertanyaan yang tersedia dan klik tombol 'Lanjut' untuk ketahap berikutnya.

  6. Klik 'Simpan' setelah menyelesaikan semua angket EDS

  7. Untuk memeriksa status tahapan pengisian data, silahkan klik Status Keaktifan atau klik menu 'beranda' yang berada di sidebar sebelah kiri

  8. Pada laman beranda, Angket EDS statusnya akan berubah berwarna hijau yang menunjukkan bahwa proses pengisian EDS selesai dilakukan
  9. Tahap kedua, klik tombol 'Isi Survey'
  10. Akan ada dua pilihan, pilih 'Ya' jika anda telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 pada periode Juni-Juli 2014 atau plih 'Tidak' jika belum (akhiri dengan klik simpan)

  11. Jika anda memilih 'Ya' maka akan tampil lembar survey yang harus diisi, namun sebelumnya silahkan pilih 'Mapel' yang anda ikuti pada pelatihan kurikulum 2014 tersebut

  12. Setelah mengisi semua survey, selanjutnya silahkan cek kembali tahapan yang telah dilalui (klik menu beranda yang berada disidebar sebelah kiri)
  13. Tahap ketiga, klik tombol 'Upload Foto'
  14. Silahkan upload foto anda yang berada dikomputer/laptop dengan ukuran file maksimum 250X400 pixel (format JPEG/JPG, PNG, atau GIF) dengan mengklik tombol 'Pilih File' selanjutnya klik 'Unggah'

  15. Cek kembali status tahapan (klik menu beranda yang berada disidebar sebelah kiri)
  16. Masih pada tahap ketiga, tepat diatas tombol upload foto akan tertera tombol 'Aktifkan Data'. Klik tombol tersebut untuk memulai pengaktifan data PTK (* Baca catatan dibawah tutorial ini, penting!)
  17. Anda akan diminta untuk memeriksa kembali lembar Portofolio, klik 'Edit Kembali' jika masih ada data yang harus diperbaiki atau klik 'Aktifkan' jika data sudah benar atau sudah tidak perlu diedit (* Baca catatan dibawah tutorial ini, penting!)

  18. Tahap keempat (pada menu beranda), Cetak Kartu Digital NUPTK / PegID. Silahkan klik tombol 'Cetak'
  19. Berikut hasil kartu NUPTK yang telah dicetak

  20. Selesai

*) CATATAN :
  1. Sebelum menekan tombol 'Aktifkan Data', silahkan edit terlebih dahulu data rinci PTK untuk tahun pelajaran 2014-2015 seperti data PTK, Riwayat Mengajar, dan sebagainya.
    Cara edit data NUPTK Padamu Negeri silahkan baca DISINI
  2. Kepala Sekolah dapat mengisi status keaktifan jika telah aktif minimal 1 PTK disekolahnya dan siswa telah mengisi EDS minimal 30 siswa.
Sekian tutorial tentang Cara Cetak Kartu NUPTK Padamu Negeri Tahun 2014, semoga bermanfaat.