Cara Cetak Kartu NUPTK Padamu Negeri Tahun 2014
Cara Cetak Kartu NUPTK Padamu Negeri - Sebagai bukti keaktifan PTK di tahun pelajaran 2014-2015 maka masing-masing PTK (Guru dan Tenaga Pendidikan) diharuskan untuk melaporkan status keaktifan NUPTK/PegID melalui akun Padamu Negeri.
Setelah melalui tahap pelaporan keaktifan PTK ini nantinya masing-masing PTK dapat secara langsung mencetak Kartu Identitas PTK / Kartu NUPTK.
Tahap pelaporan status keaktifan PTK ini bisa dilakukan secara mandiri via online melalui masing-masing akun PTK yang telah dimiliki sebelumnya dengan didampingi oleh operator sekolah. Masa pelaporan keaktifan ini diagendakan mulai dari tanggal 18 Agustus 2014 s/d 31 Desember 2014.
Cara Pengaktifan NUPTK/PegID :
*) CATATAN :
Setelah melalui tahap pelaporan keaktifan PTK ini nantinya masing-masing PTK dapat secara langsung mencetak Kartu Identitas PTK / Kartu NUPTK.
Tahap pelaporan status keaktifan PTK ini bisa dilakukan secara mandiri via online melalui masing-masing akun PTK yang telah dimiliki sebelumnya dengan didampingi oleh operator sekolah. Masa pelaporan keaktifan ini diagendakan mulai dari tanggal 18 Agustus 2014 s/d 31 Desember 2014.
Cara Pengaktifan NUPTK/PegID :
- Silahkan login di akun PTK di http://padamu.siap.web.id
- Klik menu 'Padamu PTK'
- Jika muncul tampilan Pop-Up ProDEP silahkan ditutup saja dengan mengklik tanda silang yang berada di pojok kanan atas (kecuali jika anda ingin mengajukan diri sebagai peserta program ProDEP Kepala Sekolah tersebut)
- Tahap pertama, klik tombol 'Isi Angket' untuk memulai mengisi angket EDS PTK
- Silahkan isi angket EDS yang tersedia (56 pertanyaan untuk PTK) dengan mengklik pilihan pertanyaan yang tersedia dan klik tombol 'Lanjut' untuk ketahap berikutnya.
- Klik 'Simpan' setelah menyelesaikan semua angket EDS
- Untuk memeriksa status tahapan pengisian data, silahkan klik Status Keaktifan atau klik menu 'beranda' yang berada di sidebar sebelah kiri
- Pada laman beranda, Angket EDS statusnya akan berubah berwarna hijau yang menunjukkan bahwa proses pengisian EDS selesai dilakukan
- Tahap kedua, klik tombol 'Isi Survey'
- Akan ada dua pilihan, pilih 'Ya' jika anda telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 pada periode Juni-Juli 2014 atau plih 'Tidak' jika belum (akhiri dengan klik simpan)
- Jika anda memilih 'Ya' maka akan tampil lembar survey yang harus diisi, namun sebelumnya silahkan pilih 'Mapel' yang anda ikuti pada pelatihan kurikulum 2014 tersebut
- Setelah mengisi semua survey, selanjutnya silahkan cek kembali tahapan yang telah dilalui (klik menu beranda yang berada disidebar sebelah kiri)
- Tahap ketiga, klik tombol 'Upload Foto'
- Silahkan upload foto anda yang berada dikomputer/laptop dengan ukuran file maksimum 250X400 pixel (format JPEG/JPG, PNG, atau GIF) dengan mengklik tombol 'Pilih File' selanjutnya klik 'Unggah'
- Cek kembali status tahapan (klik menu beranda yang berada disidebar sebelah kiri)
- Masih pada tahap ketiga, tepat diatas tombol upload foto akan tertera tombol 'Aktifkan Data'. Klik tombol tersebut untuk memulai pengaktifan data PTK (* Baca catatan dibawah tutorial ini, penting!)
- Anda akan diminta untuk memeriksa kembali lembar Portofolio, klik 'Edit Kembali' jika masih ada data yang harus diperbaiki atau klik 'Aktifkan' jika data sudah benar atau sudah tidak perlu diedit (* Baca catatan dibawah tutorial ini, penting!)
- Tahap keempat (pada menu beranda), Cetak Kartu Digital NUPTK / PegID. Silahkan klik tombol 'Cetak'
- Berikut hasil kartu NUPTK yang telah dicetak
- Selesai
*) CATATAN :
- Sebelum menekan tombol 'Aktifkan Data', silahkan edit terlebih dahulu data rinci PTK untuk tahun pelajaran 2014-2015 seperti data PTK, Riwayat Mengajar, dan sebagainya.
Cara edit data NUPTK Padamu Negeri silahkan baca - Kepala Sekolah dapat mengisi status keaktifan jika telah aktif minimal 1 PTK disekolahnya dan siswa telah mengisi EDS minimal 30 siswa.