Cara Memperbaiki Data Info GTK Tidak Bisa Valid/Tidak Mau Berubah

Berikut cara memperbaiki data Info GTK tidak mau berubah (tidak valid) padahal perbaikan data sudah dilakukan dan juga sudah melakukan sinkron berkali-kali namun tetap tidak ada hasil. Biasanya masalah info GTK tidak mau berubah/tidak bisa valid ini terjadi hanya pada beberapa atau pada salah satu guru saja.

Gejala yang timbul bisa di ketahui pada tanggal terakhir sinkron yang ada pada lembar info GTK, yang cenderung statis (tetap) padahal di lembar info GTK guru yang lainnya (dalam satu lembaga) sudah berubah sesuai tanggal sinkron dapodik terakhir kali.


Cara memperbaiki data info GTK tidak mau berubah (tidak bisa valid):

1. Pertama pastikan kembali bahwa data di aplikasi Dapodik sudah dirubah/diperbaiki dan sudah sinkron ulang.

2. Selanjutnya silahkan login sebagai Operator Sekolah dan cek perubahannya sudah masuk atau belum di server http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

(Baca juga: Cara Mudah Cek Siswa Penerima KIP dengan Login Operator Sekolah)

3. Sampai dilangkah ini sudah bisa diketahui apakah data yang kita kirimkan sudah masuk atau belum, silahkan cek satu persatu data guru di akun Operator Sekolah tersebut (khususnya pada salah satu guru yang datanya bermasalah).

4. Jika telah diketahui pada akun Operator Sekolah data guru bersangkutan tidak berhasil masuk, silahkan ke langkah selanjutnya berikut.

5. Download prefill dan lakukan instalasi dari awal (via file installer, bukan patch) pada komputer yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penyebab tidak bisanya perubahan data bukan dari komputer.

(Baca juga: Download Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2017 Semester Genap)

6. Namun jika masalahnya tidak ada komputer pengganti, coba lakukan istall ulang aplikasi dapodik yang sebelumnya uninstall terlebih dahulu aplikasi sebelumnya. Dalam hal ini disarankan menggunakan windows komputer yang cocok/kompatibel dengan aplikasi Dapodik contoh: gunakan windows 7, jangan yang lebih tinggi atau kurang (sebenarnya hal ini tidak mutlak harus dilakukan khususnya bagi yang tidak terjadi masalah namun hanya untuk menjaga-jaga saja mengingat pada versi berapa aplikasi dapodik bisa dipakai saat di design oleh pengembang aplikasi dapodiknya).

7. Terakhir sinkron kembali dan tunggu beberapa saat (disarankan 1x12 jam), selanjutnya ulangi sesuai langkah pada poin ke 2 diatas. Jika ternyata data sudah masuk, berarti tinggal menunggu perubahan data di Info GTK.

(Baca juga: Cek Info GTK/ PTK di Web Resmi Info GTK Semester 2 Tahun 2017)

Catatan:
- Paling banyak terjadi data di info GTK tidak berubah disebabkan dari komputer yang digunakan untuk install dapodik bermasalah/tidak kompatibel/spesifikasi hardware terlalu rendah/terjadi crash (tumpang tindih aplikasi).
- Crash terjadi biasanya pada komputer yang terinstall 2 aplikasi Dapodik berbeda (contoh: aplikasi Dapodikdasmen dan PAUD), solusinya silahkan uninstall terlebih dahulu salah satu aplikasi.
- Namun bisa jadi masalah juga disebabkan oleh aplikasi Dapodik yang dipakai saat instalasi rusak atau tidak terdownload dengan sempurna sehingga menyebabkan timbulnya masalah lain, solusi downlon ulang aplikasi Dapodik menggunakan koneksi internet stabil.

Salusi pada masalah data info GTK yang tidak mau berubah diatas berdasarkan pengalaman dilapangan dan tidak mutlak pasti seperti uraian diatas, namun sejauh ini langkah yang kami lakukan berhasil mengatasinya.

Intinya jika komputer/aplikasi Dapodik yang dipakai bermasalah, maka besar kemungkinan data yang terkirim (sinkron) juga bermasalah.

2 komentar:

  1. Terimkasih atas pencerahannya dan petunjuk ini sudah saya lakukan, saya sinkron Dapodik tanggal 24 Maret 2017 sampai hari ini info GTK juga belum beruhah, dan sabar menunggu.

    BalasHapus
  2. bagi anda operator yang butuh perbaikan data PTK, baik itu tgl lahir, NIP, NUPTK dan lain sebagainya silakan konsultasi ke email : franssitorus78@gmail.com dijamin 100% pasti selesai dalam hitungan menit.. SALAM SATU DATA..(www.operatorjenius.blogspot.com)

    BalasHapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !