Cara Mudah Cek Siswa Penerima KIP dengan Login Operator Sekolah


Dengan adanya sistem pendataan online Dapodik, segala proses administrasi data sekolah menjadi lebih mudah dan cepat. Jika dahulu proses update data pusat diperlukan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, kini cukup dengan 1x24 jam saja perubahan/update data sudah bisa diketahui.

Begitupun juga jika Operator Sekolah hendak mengetahui data siswa penerima KIP di sekolahnya, cukup dengan membuka akun Operator Sekolah di web/situs Dapodik maka sudah dengan mudah bisa diketahui siapa saja siswa penerima KIP dalam satu sekolah.

Berikut cara cek siswa penerima KIP dengan login Operator Sekolah :

1. Silahkan buka dan login di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id (Pilih Operator Sekolah)


2. Selanjutnya klik menu "Profil Sekolah" dan download data


3. Buka file "Profil Sekolah" yang telah didownload, lalu klik pada sheet "Data Peserta Didik"


4. Terakhir cari kolom "Nomor KPS", dikolom tersebut sudah tercantum siapa saja siswa penerima KIP

Cara diatas sangat berguna jika secara mendadak dibutuhkan data siswa meski tanpa kita akses dengan menggunakan Laptop/Komputer yang biasa dipakai saat entri data Dapodik.

Yang terpenting adalah username (email) dan password yang digunakan pada aplikasi Dapodik selalu kita ingat agar bisa mengakses data dari manapun berada.

Demikianlah tutorial singkat tentang "Cara Mudah Cek Siswa Penerima KIP dengan Login Operator Sekolah", jangan lupa LIKE/FOLLOW/SHARE media sosial kami lainnya untuk menerima update informasi terbaru seputar Operator Sekolah setiap saat.

5 komentar:

  1. Kami tergolong keluarga tidak mampu(miskin) memiliki 2 orang putera yg sekolah di SDN 01 MANDOR CAPKALA KAB.BENGKAYANG KALBAR.Sedang anak kami berprestasi..tolong dicek apakah atas nama SYARIF ADIMAS RAMADHANI DAN SYARIF ARTHA NOORHAJ Penerima dana PIP

    BalasHapus
  2. Sama di daerah brakas dempet demak juga banyak yg kurang tepat sasaran,contoh kecilnya banyak anak2 balita yg msih brmur 2th sdh dpt pip pdhl pip itu bukanya untuk anak didik yg sdh masuk sekolah....sy pribadi menyayangkan hal itu...kalo bisa di data dan dincroscek ulang biar tepat sasaran

    BalasHapus
  3. Sama di daerah brakas dempet demak juga banyak yg kurang tepat sasaran,contoh kecilnya banyak anak2 balita yg msih brmur 2th sdh dpt pip pdhl pip itu bukanya untuk anak didik yg sdh masuk sekolah....sy pribadi menyayangkan hal itu...kalo bisa di data dan dincroscek ulang biar tepat sasaran

    BalasHapus