"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Mudah Copy Paste PDF ke Word dengan Bantuan Notepad

Mengcopy paste text dari PDF ke Word secara langsung memang terkadang hasilnya menjadi acak-acakan seperti struktur text menjadi tidak beraturan, ukuran font/huruf menjadi lebih kecil, jenis huruf berubah dan sebagainya. Dengan hasil yang acak-acakan tersebut kadang membuat pekerjaan kita menjadi terganggu dan lebih banyak menyita waktu hanya untuk memperbaiki struktur text yang kurang rapi tersebut.

Suatu contoh saat kita hendak membuat RPP, khususnya dalam pembuatan RPP Kurikulum 2013 yang sedikit banyak diperlukannya kegiatan copy paste text dari buku kurikulum yang telah disediakan pemerintah. Tentu kegiatan copy paste disini bukanlah kegiatan copy paste yang melanggar hak cipta/ plagiat karena memang mayoritas materi RPP yang hendak kita buat telah disediakan dalam buku kurikulum tersebut oleh pemerintah, sehingga akan lebih meringankan guru dalam menyusun RPP.

Agar hasil copy paste text dari PDF ke Word tidak acak-acakan, kita dapat menggunakan aplikasi Notepad. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan pada windows sehingga kita tidak perlu lagi menginstallnya.

Cara copy paste text dari PDF ke Word dengan Notepad :
  1. Buka aplikasi Notepad yang ada di komputer dengan cara klik Start > All Programs > Accessories > Notepad (Pada windows 7, pada windows XP caranya relatif sama)


  2. Setelah aplikasi Notepad terbuka, selanjutnya buka file PDF yang hendak di copy textnya. Contoh file PDF buku kurikulum 2013.


  3. Blok dan copy text yang diperlukan selanjutnya paste pada aplikasi Notepad.
  4. Silahkan edit hasil copian text yang telah dipaste pada aplikasi Notepad, biasanya pengeditan hanya pada susunan paragraphnya saja sedangkan jenis dan ukuran huruf tidak perlu diedit karena nantinya akan menyesuaikan secara otomatis dengan jenis dan ukuran huruf yang terdapat di aplikasi Word.


  5. Blok dan copy kembali text yang terdapat di Notepad dan selanjutnya paste pada Word.


  6. Terakhir edit Bullet Numbering text atau lainnya jika masih diperlukan pada Word sesuai selera.
  7. Selesai dan lihat hasilnya. Text hasil copy paste dari PDF ke Word akan lebih rapi daripada text yang dicopy paste langsung dari PDF tanpa melaui Notepad

CATATAN:
  • Cara diatas hanya digunakan untuk mengcopy text, untuk copy paste gambar dari PDF ke Word silahkan copy paste langsung atau gunakan aplikasi editor gambar seperti Paint, Adobe Photoshop atau lainnya

Sekian tentang Cara Mudah Copy Paste PDF ke Word dengan Notepad, semoga bermanfaat.