Cara Aman Merubah NISN, Nama, dan Tanggal Lahir Siswa

Yang dimaksud dengan cara aman merubah NISN, nama, dan tanggal lahir siswa adalah melakukan proses perubahan data siswa sesuai dengan aturan yang ditentukan, yaitu merubah data siswa tersebut diatas yang ada di aplikasi dapodik dengan mengajukan perubahan data pada menu edit data di situs Verval PD.

Belakangan ini memang banyak beredar informasi terkait cara merubah data siswa yang ada di aplikasi dapodik dengan menggunakan cara pintas menggunakan metode inspect element. Perubahan data pada aplikasi dapodik memang bisa dilakukan dengan metode tersebut, namun perubahan yang terjadi hanya bersifat lokal terbatas pada aplikasi dapodik yang terinstal di komputer saja. Sedangkan data yang ada di server pusat tetap tidak berubah karena untuk merubahnya harus melalui mekanisme yang telah ditentukan yaitu melakukan pengajuan edit data melalui situs Verval PD.

Perubahan data pada aplikasi dapodik dengan metode inspect element, jika dipaksakan bisa berpotensi menimbulkan data ganda pada server sehingga bukan menyelesaikan masalah tapi menambah masalah baru dikemudian hari.

Bagi rekan-rekan operator sekolah yang sudah terlanjur menggunakan metode inspect element kami sarankan untuk segera melakukan perubahan data sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Memang cara yang akan dipakai nantinya bisa dibilang lebih merepotkan dengan upload data dan masih harus menunggu persetujuan oleh PDSP namun yang terpenting cara ini aman dan tidak berpotensi menimbulkan masalah.

Berikut cara aman merubah NISN, nama, dan tanggal lahir siswa :

MELAKUKAN PERMOHONAN PERUBAHAN NISN
  1. Silahkan login di situs Verval PD melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih menu Edit Data > Pengajuan > klik pada NISN
  3. Klik tombol Pilih Siswa
  4. Cari dan klik data siswa yang akan dirubah NISNnya selanjutnya tekan tombol OK
  5. Isi kolom NISN Baru dengan NISN yang diinginkan, lalu klik tombol Check NISN disebelahnya.
  6. Klik oke pada tabel konfirmasi jika NISN baru adalah benar-benar milik siswa bersangkutan.
  7. Selanjutnya upload dokumen perubahan / dokumen pendukung seperti: Kartu NISN, Data BOS, SKHU, atau pendukung lain yang relevan (pilih salah satu)
  8. File yang diupload diharuskan berformat JPEG atau PNG (ukuran file dibawah 1 mb)
  9. Terakhir klik tombol Pengajuan Perubahan.
  10. Tunggu hasil persetujuan max. 2 x 24 jam, hasil persetujuan nantinya dapat dicek melalui menu Referensi dengan menampilkan perubahan yang diinginkan

MELAKUKAN PERMOHONAN PERUBAHAN NAMA & TANGGAL LAHIR
  1. Silahkan login di situs Verval PD melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih menu Edit Data > Pengajuan > klik pada Nama & Tanggal Lahir
  3. Klik tombol Pilih Siswa
  4. Cari dan klik data siswa yang akan dirubah Nama atau Tanggal Lahir atau kedua-duanya selanjutnya tekan tombol OK
  5. Isi kolom kosong Nama Baru dan Tanggal Lahir dengan data yang diinginkan ( jika hanya salah satu saja yang ada perubahan contoh tanggal lahir saja yang salah, maka kolom nama tetap diisi sesuai dengan nama yang ada sebelumnya dan sebaliknya)
  6. Selanjutnya upload dokumen perubahan / dokumen pendukung seperti: Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir, atau pendukung lain yang relevan (pilih salah satu)
  7. File yang diupload diharuskan berformat JPEG atau PNG (ukuran file dibawah 1 mb)
  8. Terakhir klik tombol Pengajuan Perubahan.
  9. Tunggu hasil persetujuan max. 2 x 24 jam, hasil persetujuan nantinya dapat dicek melalui menu Referensi dengan menampilkan perubahan yang diinginkan

CATATAN:
Status permohonan dapat dipantau melalui:  Pilih menu Edit Data > klik pada Status

62 komentar:

  1. bermanfaat, karena sekolah saya banyak yang beda NISN

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kita bisa mendapatkan NISN baru untuk di entri di kolom NISN Baru pada edit NISN, mohon pencerahan

      Hapus
    2. NISN baru otomatis di dapat saat data siswa baru telah dientri pada aplikasi dapodik

      Hapus
  2. Silahkan hubungi Operator Sekolah di sekolah anak ibu, untuk penelusuran lebih lanjut terkait NISN-nya apakah sudah terbit atau belum.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Gan, sekarang saya kelas 3smk.
    sewaktu saya mengecek nisn saya ternyata namanya salah. Jadi saya melakukan pengajuan ke sekolah SD atau sekolah SMK gan? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan melalui sekolah SMK dengan melampirkan bukti pendukung yang diperlukan.

      Hapus
  5. Kira2 formulit keterangan kesalahan penulisan ijazah format c masih berlaku ga pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg dimaksud berlaku utk keperluan apa pak?, untuk perubahan NISN atau melanjutkan sekolah?

      Hapus
  6. kalau hanya tanggal lahir saja yang salah bagaimana?

    BalasHapus
  7. Kalau perubahan nama apakah harus dari sd asal atau dari smp baru? Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Kalau perubahan nama apakah harus dari sd asal atau dari smp baru? Terimakasih.

    BalasHapus
  9. Nama anak kurang 1 huruf, dapodik belum di sinkron secara online. Apa yang mesti dilakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini perubahan data terkait NISN bisa dilakukan melalui aplikasi online vervalPD bu. Jika pengajuan disetujui maka pada aplikasi dapodik otomatis berubah setelah melakukan sinkron.

      Hapus
    2. As,, bpk, sy sdh 4 diaetujui oleh pusat verval NISNx, tp kok belum bwrubah didapodik ya bpk padh sdh berkali2 singkron

      Hapus
  10. Selamat siang pak. Sy dini. Ketika saya cek NISN sy yg keluar bukan data nama saya. Sy telah lulus. Dan sekrng lagi membutuhkan NISN untuk keperluan ijazah sarjana. Bagaimana cara mengurusnya pak ? Terimakasih

    BalasHapus
  11. Apa penyebabnya sehingga pengajuan NISN tidak masuk di server dinas pendidikan kab/kota?

    BalasHapus
  12. Selamat siang Pak,adik saya pindah sekolah dan di sekolah yang baru ternyata admin sekolah malah memasukkan/mendaftarkan nama adik saya dengan nama yang berbeda (Adik saya pernah ganti nama), mungkin operator bingung. Padahal NISN adik saya yang lama memiliki nama yang valid sesuai kk dan akta. Bukankah seharusnya operator menambahkan nisn adik saya dari sekolah yang lama ya pak? Bukan malah add data baru. Hasil dari tambah data sekarang, adik saya punya dua nisn dengan nama yang berbeda. Padahal nisn yang lama sudah mengandung data yang benar. Bagimana ya pak solusinya? Terima Kasih. (Saya ingin nisn lama adik saya yang dipakai agar tidak ribet di kemudian hari)

    BalasHapus
  13. terima kasih.kebetulan permasalahan PD sekolah saya sama, semoga jalan ini bisa mempelncarkan kegiatan ops.amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagai mana caranya merubah huruf nama ibu kandung di nisn

      Hapus
  14. Anak saya baru kelas satu sekolah dasar.mau ganti nama.knp guru2 ny dng ngotot sdh tdk bsa d ganti krn sdh masuk ke komputer.pdhl saya searching d google msh bsa koq d ganti nama..! Saya heran kd ny knp tuh guru pd ngotot bilang ny sdh tdk bsa.mohon pencerahan nya.bagi guru2.
    Saya pikir mau ganti nama sblum dia branjak dewasa.sblum lukus sekolah dasar..!

    BalasHapus
  15. Kami melakukan pendaftaran anak kami untuk masuk SMP dan diminta NISN nya, setelah kami mintakan ke SD asal ternyata Nama dan Tahun lahir anak kami salah, pihak SMP belum bisa menerima pendaftaran anak kamis tsb. dan kami mohonkan ke pihak SD untuk merubah data anak kami, dan dijawab prosesnya lama dan nanti yang akan membetulkan sekolah baru yaitu SMP, apakah ini betul ? mohon infonya

    BalasHapus
  16. Saya kls 3 smk. NISN salah nama dan sudah saya ajukan di smk dan sudah di setujui. tetapi koq saya cek belum berubah. memang berapa lama nunggu perubahan itu. mohon dibalas

    BalasHapus
  17. Kok saat saya tanya kesekolah saya bagaimana cara merubah NISN saya,bilangnya kok gk bisa di rubah ya???

    BalasHapus
  18. Nama tahun lahir di NISN saya beda dengan ijzah saya, sya sdh ajukan untuk verval di skolah SD. Apa kira2 tdk bermasalah klo mau daftr kuliah?? Mhon penjelasannya

    BalasHapus
  19. Nama tahun lahir di NISN saya beda dengan ijzah saya, sya sdh ajukan untuk verval di skolah SD. Apa kira2 tdk bermasalah klo mau daftr kuliah?? Mhon penjelasannya

    BalasHapus
  20. maaf mau tanya kalau nisn nya ada 2,tapi nisn yg satu tempat tanggal lahir nya salah tapi sudah di cetak di ijazah sd dan smp, dan nisn di ijazah beda dengan kartu pelajar,sedangkan nisn yang tanggal lahir nya benar adalah yang dikartu pelajar.kira kira kalau seperti itu apa yang harus di rubah?,dan apakah harus menghubungi pihak sekolah yang lama.mohon penjelasan nya pak,terimakasih.

    BalasHapus
  21. kalau mau merubah nama yang salah tanpa menggunakan ijasah terahir apakah bisa, soalnya yang mau di rubah masih kelas 6 yang sebentar lagi mau ikut ujian sekolah

    BalasHapus
  22. Kalau NISN SD, SMP berbeda dengan NISN SMA apakah bermasalah ?

    BalasHapus
  23. Apa tidak masalah jika ada siswa yg nomor awal nisn 005 sedangkan dia kelahiran thn 2005

    BalasHapus
  24. Nama di nisn beda sama akte?guru nya blang tidak masalah..apakah bnar??

    BalasHapus
  25. mohon info nama di nisn salah ( lebih 1 huruf
    ) utk perubahan/koreksi harus hubungi
    SD asal atau SMP sekarang..... trims

    BalasHapus
  26. Tanggal lahir anak saya salah bagaimana cara memperbaikinya ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hubungi Sekolah/Operator Sekolah di Sekolah anak anda.

      Hapus
  27. bagaimana pak cara merubah jenis kelamin yang salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perubahan jenis kelamin juga bisa dilakukan melalui Operator Sekolah melalui aplikasi online Verval NISN pak.

      Hapus
  28. Gimana klo pke nisn lama, karena udh dari sd smp sma klo ubah ke nisn baru ga bermasalah?

    BalasHapus
  29. Perubahan nisn sudah dilakukan pihak sekolah, bulan juni 2018, kok sampe sekarang belum jadi ya, mohon pencerahanya,terima kasih.

    BalasHapus
  30. Permisi gan ,apakah Nama nisn yg Salah Akan mempengaruhi Nama ijazah sma

    BalasHapus
  31. Sekolahan tempat anak saya bersekolah tidak berjanji bisa merubah nama anak saya di ijazah.
    Pdhl anak sy sdah ganti nama di pengadilan negri sudah di srtujui. Pd kartu kluarga pun sudah nama baru.

    Saya harus bagaimana.
    Anak saya bisa terancam tak bisa masuk smp dong

    BalasHapus
  32. Krn sekolah tak berjanji bisa merubah nama anak saya, apakah sy bisa lngsung dtg ke dinas bagian dapodik ???

    BalasHapus
  33. Anak sy lahir pada th 2007,tp nisn diawali dg 006,apakah akan bermasalah di kemudian hr,atau hrs diubah nisnnya...

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum,, sya ingin brtanyaapakah nma ibu kandung itu brpengaruh pda nisn?

    BalasHapus
  35. permisi izin bertanya,Nisn saya dari sd sampai smp sama,tapi pas sma beda karena saya pindah sekolah beda provinsi..pas di verval sama operator sekolah di sma, nisn yang sd sampai smp jadi gak ada, yang ada cuman nisn sma,kebetulan saya mau tes pegawai, apakah nanti administrai seperti ijazah&skhun sd smp berpengaruh?? terimakasihh

    BalasHapus
  36. Permisi izin bertanya,
    Saya mau daftar kuliah jalur sbmptn yang mewajibkan ikut utbk terlebih dahulu. Setelah saya memasukkan nisn + npsn saya tapi nisn saya sama npsn-nya kok tidak terdeteksi yaa ๐Ÿ˜ฅ mohon pencerahannya. Terimakasih

    BalasHapus
  37. Nama anak saya aldi al fanny,,tapi dicetakny aldi al fani..akan berpengaruh ga ke smp ny

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Nama ibu kandung kurang 1huruf...apakah berpengaruh pada nisn pak???
    Trimakasih

    BalasHapus
  40. adik saya sekarang kelas 3 MAN.
    untuk keperluan data siswa pihak sekolah mengecek NISN siswa,ternyata data NISN adik saya salah,adik saya perempuan tetapi pada data NISN tertera laki laki.
    pihak sekolah tidak bisa verval karena MAN di bawah naungan Departemen Agama,sedangkan adik saya lulusan SD dan SMP dibawah naungan KEMENDIKBUD.
    setelah kami coba ke SD pihak sekolah mengatakan tidak bisa merubah data,kami EMAIL dari pdsp@kemendinas.go.id hingga sekarang tidak ada respon sudah lebih 2 minggu.
    kami ke kantor dinas kota juga mengatakan tidak bisa di ubah.
    mohon pemecahannya,karena tidak mungkin selamanya data adik saya di biarkan dalam keadaan salah
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  41. Ka, mau tanya? Sekarang saya SMA kelas 3,Tanggal lahir di NISSN saya berbeda dengan di Ijaza. Jadi saya minta pengajuannya kemna paK? ke SMA apa ke SD pak, mohon jawabanya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  42. Bisah kah operator sekolah merubah data siswa yang salah pada jenjang SMP?
    Krn terkadang operator sekolah kayatanya data pada dapodik tidak bisa di rubah lagi

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum pak
    Saya mau tanyak
    Kalau nisn saya bermasalah
    Udah saya ajukan pengajuan untuk verifikasi tapi blm daa hsilnya
    Apakak nisn nya bisa di buat yg batu

    BalasHapus
  44. Bagaiman kalau mau ganti nama anak skarang udah SMP nisn nya bisa di rubah gak trus kata oprator sekolah SD nisn nya udah gak bisa di rubah lagi tolong solusinya buat saya terima kasih

    BalasHapus
  45. Saya mau merubah tanggal lahir dan tahun nya,,,apakah bisa di bantu

    BalasHapus