Cara Menggunakan Tombol Action Menu Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0

Ada yang berbeda pada aplikasi dapodikdas V 3.0.0 ini, yaitu dengan ditambahkannya tombol Action Menu pada aplikasi. Tombol Action Menu merupakan fitur baru yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam pengisian data dengan bersumber pada data yang telah diinput pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014.
Tombol Action Menu ini dapat kita jumpai pada beberapa tabel yang terdapat pada aplikasi dapodikdas V 3.0.0 yaitu pada tabel Peserta Didik, PTK, Sarpras, dan Rombongan belajar.

Cara Menggunakan Tombol Action Menu Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0 :

- Pada tabel Peserta Didik
  1. Klik tabel Peserta Didik yang terdapat pada aplikasi
  2. Klik tombol Action menu (pojok kanan atas tabel)
  3. Maka akan tampil 3 buah fungsi yang dapat kita pilih yaitu:


    Tampilkan data PD terhapus: untuk menampilkan data peserta didik yang terlanjur dihapus sebelumnya.
    Lanjutkan Data Periodik PD*: untuk melanjutkan Data Periodik siswa/peserta didik yaitu Data Rinci (Data Periodik - tinggi badan, berat badan, dst - Prestasi - Beasiswa).
    Unduh Excel: untuk medownload semua daftar peserta didik yang ada pada tabel peserta didik ke format excel.

    *) Fungsi Lanjutkan Data Periodik dapat kita gunakan jika kita ingin menggunakan semua Data Rinci pada siswa yang telah diinput pada semester sebelumnya yaitu semester genap TP 2013-2014, sehingga kita tidak perlu direpotkan lagi untuk menginput Data Rinci setiap siswa pada semester ganjil TP 2014-2015 di aplikasi dapodikdas V 3.0.0 ini.
- Pada tabel PTK
  1. Klik tabel PTK
  2. Klik tombol Action Menu
  3. Maka akan tampil 4 buah fungsi yang dapat kita pilih


    Tampilkan data PTK terhapus: untuk menampilkan data PTK yang terlanjur dihapus sebelumnya.
    Filter PTK Berdasar Penugasan: untuk menyaring/ menampilkan PTK sesuai keinginan kita misalnya untuk menampilkan Semua PTK, hanya PTK yang sudah diisi penugasannya, atau hanya PTK yang belum diisi penugasannya.
    Salin Penugasan*: untuk menyalin atau melanjutkan semua data penugasan PTK yang telah kita isi pada semester genap TP 2013-2014 ke data penugasan smester ganjil TP 2014-2015 yang ada pada aplikasi dapodikdas V 3.0.0 ini.
    Unduh Excel: untuk medownload semua daftar PTK yang ada pada tabel PTK ke format excel.

    *) Salin Penugasan bisa kita pilih jika semua data penugasan PTK pada semester ganjil TP 2014-2015 ini sama dengan semua data penugasan PTK pada semester genap TP 2013-2014 lalu sehingga kita tidak perlu repot untuk menginputnya satu persatu lagi.
- Pada tabel Sarpras
  1. Klik tabel Sarpras
  2. Klik tombol Action Menu
  3. Maka disini akan tampil 2 buah fungsi yang bisa kita gunakan


    Tampilkan data Prasarana terhapus: untuk menampilkan data Prasarana yang terlanjur dihapus sebelumnya.
    Lanjutkan Data Periodik*: untuk menyalin atau melanjutkan semua Data Periodik yg aktif atau masih digunakan dari semester 2 TP 2013-2014 hingga semester 1 TP 2014-2015 ini seperti Data Periodik Prasarana (Kondisi), Data Periodik Sarana, dan Data Periodik Buku & Alat.

    *) Pilih Lanjutkan Data Periodik jika semua Data Periodik yg ada pada semester 2 TP 2013-2014 masih aktif hingga semester 1 TP 2014-2015 ini.
-  Pada tabel Rombongan Belajar
  1. Klik tabel Rombongan Belajar
  2. Klik Action Menu
  3. Maka disini akan tampil 3 buah fungsi yang dapat digunakan


    Tampilkan data Rombel terhapus: untuk menampilkan data Rombel yang terlanjur dihapus sebelumnya.
    Kenaikan Kelas*: untuk menaikkan semua data siswa satu tingkat diatas siswa di semester 2 TP 2013-2015. Misalnya kita hendak mengisi Rombel Kelas 2, maka dengan fungsi ini kita hanya cukup mengklik Action Menu > Kenaikan Kelas > Nama Rombel: Tingkat 1> Save and Close. Secara otomatis semua siswa yang ada pada kelas 1 tahun sebelumnya TP 2013-2014 akan masuk pada rombel kelas 2, jadi kita tidak perlu menginputnya satu persatu lagi. Lakukan langkah tersebut untuk mengisi rombel kelas 2, 3, 4, 5, 6 (jika SD) sedangkan rombel kelas 1 (rombel kelas awal) tetap dilakukan secara manual dengan menggunakan tombol Tambah.
    Luluskan PD Tingkat Akhir: untuk meluluskan semua siswa tingkat akhir secara kolektif (misalnya meluluskan semua siswa kelas 6 SD).

    *) Jika menggunakan fungsi Action Menu Kenaikan Kelas, data Wali/Guru Kelas dan Prasarana diedit secara manual disesuaikan dengan data yang ada sekarang dan data siswa tidak naik kelas juga diedit secara manual dengan mengeluarkannya dari rombel dan memasukkannya ke rombel yang benar.

Sekian tentang Cara Menggunakan Action Menu Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !