Cara Verval NISN Hasil Sinkron Dapodik Tahun 2013

Seluruh operator sekolah di wajibkan untuk melakukan verval NISN tahun 2014, Verval NISN ini diperlukan agar data peserta didik yang sudah maupun belum memiliki NISN sesuai dengan data yang dimiliki oleh PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan). Data peserta didik ini berdasar pada data hasil sinkronisasi yang dikirim oleh masing-masing opertaor sekolah. Data yang perlu dilakukan dalam verval NISN tahun 2014 diantaranya: nama peserta didik, tanggal lahir, tempat lahir, tingkat, nama ibu kandung, dan jenis kelamin.
Verval NISN juga diperlukan untuk penerbitan NISN oleh pihak PDSP bagi siswa atau peserta didik yang hingga saat ini belum memiliki NISN.

Cara Verval NISN Tahun 2014 :
  1. Silahkan login di situs Verval NISN Kemdikbud melalui
    http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login
  2. Pada halaman 'Verval PD Login' silahkan masukkan username dan password. Untuk username dan password menggunakan email dan password yang dipakai pada aplikasi dapodik 2013, langkah selanjutnya masukkan kode captcha yang berupa kombinasi angka dan huruf (sensitif penulisan huruf besar dan kecil). Lalu klik login

  3. Jika user dan password yang masukkan sesuai maka selanjutnya akan tampil halaman 'Home' (awal) situs verval NISN 2014. Pada halaman ini ditampilkan grafik perbandingan data dan progress harian sesuai dengan data yang ada atau perubahan data yang dilakukan pada data referensi dan residu.

  4. Selanjutnya silahkan pilih menu 'Referensi' yang ada di sebelah kiri atas situs. Pada halaman menu referensi ini akan ditampilkan daftar siswa yang telah memiliki NISN. Klik Page Size untuk memilih jumlah data peserta didik yang akan ditampilkan.

  5. Anda juga dapat menampilkan sebagian data peserta didik sesuai sub data pada kolom dengan mengetikkan kata kunci/keyword yang ingin ditampilkan pada kotak pencarian yang terdapat diatas masing-masing kolom. Selanjutnya silahkan klik tipe data yang ingin ditampilkan pada menu disebelah kotak pencarian tersebut pada EQUAL TO. Sebagai contoh disini kami akan menampilkan data siswa kelas 6 saja pada halaman referensi.

  6. Setelah mengenal penggunaan menu referensi selanjutnya kita menuju pada menu 'Residu', data pada menu Residu inilah yang nantinya akan kita Verifikasi dan Validasi (Verval). Langsung saja silahkan klik pada menu Residu tersebut, maka akan tampil daftar peserta didik yang masih belum memiliki NISN. Selanjutnya pilih salah nama siswa yang akan di verval, maka akan muncul nama siswa di kolom bawah. Pilih salah dari nama siswa yang muncul tersebut dengan mencentang salah satu data yang paling sesuai /mirip. Terakhir klik tombol Match, maka secara otomatis nama tersebut akan berpindah pada daftar siswa yang ada pada menu Referensi yang berarti proses Verval NISN pada salah satu siswa telah selesai kita lakukan.

  7. Untuk memastikan bahwa data tersebut telah benar-benar berhasil diverifikasi, silahkan simak perbandingan berikut;

    Jumlah siswa pada grafik Perbandingan data di menu Home pada Residu sebanyak 16 siswa (sebelum verval)


    Jumlah siswa pada grafik menjadi 15 siswa (setelah verval pada salah satu siswa)


    Siswa yang telah kita verval kini muncul pada daftar peserta didik di menu referensi beserta nomer NISN nya.

  8.   Klik menu 'System' dan pilih Logout untuk keluar dari sytem verval NISN



CATATAN:
  • Data Referensi adalah data peserta didik didik yang telah memiliki NISN berdasarkan hasil sinkron dapodik
  • Data Residu adalah yang data peserta didik yang harus dilakukan verval untuk mendapatkan NISN
  • Penggunaan tombol 'Not Match' sampai saat ini masih belum berfungsi, tunggu info kami selanjutnya mengenai hal tersebut

Sekian info tentang cara verval NISN hasil sinkron dapodik tahun 2013, semoga bermanfaat.

UPDATE: Penggunaan tombol 'Not Match' sudah berfungsi, silahkan baca Cara Penggunaan Tombol Not Match pada Verval NISN 2014

2 komentar:

  1. Infonya sangat bermanfaat .... Terima kasih !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Hapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !