Penyebab JJM Tidak Linier Pada Sertifikasi 2007-2008

Perbedaan kode bidang studi sertifikasi antara tahun 2007-2008 dan tahun 2009-sekarang sering kali menjadi Penyebab JJM Tidak Linier Pada Sertifikasi 2007-2008 atau jumlah jam menagajar linier kosong (JJM Linier=0) pada kolom rincian jam mengajar di tabel verifikasi data guru. Hal ini tentunya akan berimbas pada tidak validnya data PTK, khususnya jika PTK yang bersangkutan sudah bersertifikat pendidik karena total jam mengajar sesuai (poin=20) akan kurang dari < 24 jam. 
Untuk mengatasi masalah tersebut sebelumnya kita harus memahami tentang adanya Konversi kode bidang studi sertifikasi guru untuk pemilik Sertifikat Pendidik tahun 2007 dan 2008, silahkan lihat DISINI.
Sebagai contoh pada sertifikat pendidik tahun 2007 kode 061-Bidang study lainnya, lihat gambar berikut:



Berdasarkan Konversi kode bidang studi sertifikasi guru untuk tahun 2007-2008 diatas;


Maka pelajaran yang sesuai adalah Guru Kelas SD (027) dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (220). Silahkan pilih salah satu mata pelajaran, sesuai mapel yang diajarkan di sekolah.
Contoh : PTK yang bersangkutan mengajar sebagai guru kelas di kelas 4,5,dan 6 dan memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah, maka contoh setelah cek verifikasi akan tampak seperti gambar di bawah (setelah pengeditan pada aplikasi dapodik sekolah) ;



Jika pada JJM Linier yang ada pada Rincian Mengajar sudah terisi dengan benar dan jumlahnya mencapai 24 jam maka selanjutnya akan berpengaruh pada point 20 ;



Terakhir silahkan cek secara keseluruhan, apakah pada setiap poin di tabel Info Data PTK sudah tidak lagi terdapat tanda merah. Jika tidak, maka Verifikasi Data PTK bisa dinyatakan valid.

Demikian tentang Penyebab JJM Tidak Linier Pada Sertifikasi 2007-2008, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. maaf pak mo tanya cra tuk konversi kode sertifikasi tersebut gmn???

    BalasHapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !