Cara Memastikan Kirim Data PMP 2017 Sudah Berhasil Terkirim ke Server


Untuk memastikan bahwa kirim data PMP tahun 2017 yang kita lakukan telah terkirim ke server PMP sebenarnya mudah dilakukan. Hal ini kami tulis mengingat cukup banyaknya rekan-rekan Operator Sekolah yang bertanya apakah kirim data aplikasi PMP sudah berhasil terkirim ke server atau apakah masih perlu kirim data kembali dan sebagainya.


Berikut cara memastikan apakah kirim data aplikasi PMP kita sudah terkirim ke server;

1. Saat proses kirim data, pastikan pada aplikasi sudah tertera notifikasi "SELESAI" sepereti yang tertera pada gambar dibawah. Notifikasi ini akan otomatis muncul saat progress kirim data telah berhasil mencapai 100%.

2. Setelah langkah pertama diatas selesai anda lakukan, selanjutnya tunggu hingga 1x24 jam dan selanjutnya lakukan cek pada hasil progress pengiriman di web PMP Dikdasmen yang bisa anda akses melalui link di bawah ini. (Silahkan klik link lokasi mulai Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan anda).
Cek progress: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/progres

3. Agar proses pengiriman data lebih lancar, usahakan proses kirim dilakukan disaat server normal. Biasanya diwaktu malam hari diatas jam 22.00. Untuk memastikan server normal bisa dengan mengakses web PMP Dikdasmen apakah terbuka dengan baik atau tidak (Namun cara ini tidak bisa 100% menjami server normal, karena bisa saja antara server web dan server kirim data menggunakan server yang berbeda)

4. Lakukan pengiriman paling tidak sebanyak 2 kali, hal ini bertujuan agar data yang terkirim telah benar-benar masuk server.

CATATAN:
- Jika dengan cara diatas data PMP tidak kunjung juga masuk ke server, bisa saja ada beberapa kemungkinan yaitu; server sedang dalam perbaikan sehingga kita coba lakukan kirim data kembali di hari berikutnya atau terdapat masalah pada komputer kita sehingga jika hal ini terjadi silahkan kirim data dengan komputer lainnya

- Usahakan kirim data jangan disaat mendekati waktu cut off, karena biasanya disaat tersebut server dalam kondisi super sibuk melayani proses kirim data dari seluruh Indonesia.

Sekian informasi tentang Cara Memastikan Kirim Data PMP 2017 Sudah Berhasil Terkirim ke Server, selamat bekerja dan semoga lancar.

0 komentar:

Posting Komentar