"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Ampuh Mengatasi Server PUPNS Sulit Simpan Data saat Server Down

Sebagaimana yang telah kami bahas sebelumnya tentang Cara Sederhana Mengatasi Aplikasi PUPNS yang Sering Log Out saat Server Overload selengkapnya bisa dibaca DISINI, memang cukup membuat pusing sebagian PNS yang hendak melakukan update data di aplikasi PUPNS.

Memang sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kendala saat pengisian data pada aplikasi PUPNS cukup beragam, maklumlah karena selain aplikasi ini masih beta juga dengan cukup banyaknya pengguna yang sedang  login membuat server seringkali down. Kendala lain misalnya seperti adanya error 500 saat hendak cetak tiket pengaduan, tidak ditemukannya data satmingkal/sekolah induk (selengkapnya baca DISINI), dan lainnya.

Menindaklanjuti kendala-kendala yang sering terjadi tersebut, Satgas PUPNS juga telah merilis jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh para PNS (selengkapnya baca DISINI) serta telah diberlakukan pula jadwal login PUPNS untuk masing-masing regional daerah BKN (selengkapnya baca DISINI).

Meski telah diberlakukannya penjadwalan login pengguna oleh BKN, namun adakalanya server down masih terjadi khusunya disaat jam-jam sibuk, untuk itulah berikut ini kami berikan sedikit tips tentang Cara Ampuh Mengatasi Server PUPNS Sulit Simpan Data saat server down :
  1. Silahkan buka/login pada aplikasi PUPNS dengan browser anda (selanjutnya akan kita sebut sebagai tab 1) di link ini https://epupns.bkn.go.id/login
  2. Untuk memudahkan login kembali saat aplikasi logout otomatis silahkan simpan password pada browser anda, silahkan baca tutorialnya selengkapnya DISINI
  3. Setelah berhasil login, selanjutnya buka tab baru (tab 2) pada browser anda (klik tanda + seperti pada gambar berikut) dan selanjutnya buka dan login pada link aplikasi PUPNS seperti pada tab pertama  (tab 1) diatas.
    Gambar ilustrasi menggunakan browser Mozilla Firefox
  4. Setelah berhasil login pada (tab 2), selanjutnya silahkan kembali ke tab pertama (tab 1), selanjutnya silahkan lakukan pengisian/ update data.

  5. Saat pengisian data, dahulukan data yang menggunakan fungsi (AUTO COMPLETE) terlebih dahulu karena seringkali data akan log out otomatis (contoh pada data riwayat pendidikan).

  6. Setelah seluruh data telah kita isi, jangan terburu-buru menekan tombol 'SIMPAN', silahkan menuju ke (tab 2) dan lakukan refresh dengan menekan tombol refresh seperti pada gambar berikut atau silahkan tekan tombol F5 pada keybord anda.

  7. Jika aplikasi logout otomatis setelah merefresh tab 2, silahkan lakukan login kembali.
  8. Saat tab 2 berhasil login, silahkan langsung dibuka kembali (tab 1) dan segera tekan tombol 'SIMPAN'

  9. Dan data akan berhasil tersimpan dengan baik.


CATATAN:
- Silahkan ikuti tip/tutorial diatas dengan cermat/ teliti sambil dipraktekkan pada aplikasi anda.
- Usahakan proses pengentrian data dilakukan dengan CEPAT, karena saat server overload aplikasi seringkali logout otomatis.

Tips diatas mungkin sudah diterapkan oleh sebagian rekan-rekan yang lain, namun tidak ada salahnya jika kami tulis kembali sekedar untuk dijadikan referensi bagi rekan-rekan yang kebetulan masih belum mengetahuinya.

Sekian informasi tentang Cara Mengatasi Server PUPNS Sulit Simpan Data, dan tunggu informasi kami lainnya.