"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Sukses Upload Data Siswa di Akun Padamu Negeri

Ada dua cara dalam mengisi daftar siswa di akun Padamu Negeri, pertama dengan cara menambah data siswa satu persatu dan yang kedua dengan menguploadnya secara kolektif dalam file excel. Pada tutorial ini kami akan membahas tentang cara yang kedua yaitu upload secara kolektif dalam file excel. Kelebihan menggunakan cara ini adalah kita tidak perlu memasukkan data siswa satu persatu secara manual sehingga akan menghemat waktu dan tenaga, bayangkan saja jika jumlah siswa yang harus dimasukkan mencapai ratusan pasti akan sangat melelahkan bukan?.
Mungkin ada beberapa rekan-rekan operator sekolah yang enggan mengisi daftar siswanya dengan cara upload secara kolektif, karena memang seringkali gagal disebabkan data yang kita masukkan pada file excel tidak terbaca oleh sistem.
Kegagalan ini bisanya paling sering terjadi pada kesalahan dalam penulisan tanggal lahir siswa, padahal sebelumnya kita telah yakin bahwa penulisan tanggal lahir telah sesuai dengan petunjuk yang ada yaitu menggunakan format YYYY-MM-DD.


Kegagalan upload juga kadang terjadi karena file excel yang kita upload tidak dianggap sebagai file excel padahal kita telah yakin format file yang kita gunakan sudah dalam format file excel.


Berikut ini tips sukses upload data siswa di akun Padamu Negeri :

Jika kesalahan terjadi pada penulisan tanggal lahir siswa ;
  1. Buka data siswa format excel yang sebelumnya telah kita unduh di akun padamu negeri
  2. Blok semua isi data dengan cara menekan Ctrl+A secara bersamaan pada keyboard komputer
  3. Ubah seluruh format cell kedalam bentuk Text dengan cara klik kanan > Format cells > Menu number > Text > OKE (pastikan file masih dalam keadaan terblok)
  4. Isi semua data yang diperlukan dan khusus pada kolom tanggal lahir silahkan ketik secara manual dengan format YYYY-MM-DD (contoh: 2007-08-27)
  5. Jika anda menggunakan data data siswa yang berasal dari Dapodik (yang sudah berformat YYYY-MM-DD) maka sebelumnya silahkan copy dan paste tanggal lahir siswa tersebut ke dalam aplikasi Notepad.
    Selanjutnya silahkan copy dan pastekan kembali data siswa yang telah berada di aplikasi Notepad tersebut ke kolom tanggal lahir siswa yang ada pada file excel yang akan diupload.
  6. Klik tombol Save dan selanjutnya upload file tersebut pada dasbor daftar siswa akun Padamu Negeri.

Jika file excel yang kita upload tidak dianggap sebagai format file excel (file yang bisa terbaca sistem adalah file excel 97-2003) ;
  1. Silahkan klik menu File pada pojok kanan atas excel
  2. Klik Save As
  3. Pada Save as type silahkan pilih Excel 97-2003 Workbook

  4. Klik tombol Save dan selanjutnya upload file tersebut pada dasbor daftar siswa akun Padamu Negeri.

CATATAN:
Pastikan bahwa pada dasbor siswa daftar siswa dalam keadaan kosong, silahkan hapus semua daftar siswa yang ada sebelum mengupload file.

Sekian tutorial tentang Cara Sukses Upload Data Siswa di Akun Padamu Negeri, semoga bermanfaat dan selamat bekerja.

4 komentar:

  1. UNTUK DATA KEMBAR DENGAN DATA EKSISTING DAN MERAH PADA KODE SISTEMNYA BAGAIMANA?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. oke sama-sama pak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Kl data kembarnya ada pada kolom kode sistem, jangan dihapus kodenya..

    BalasHapus