Cara Mengatasi Gagal Registrasi Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0

Berbeda dengan versi sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi dapodikdas V 3.0.0 ini kita diharuskan untuk melakukan instalasi dari awal. Pada versi sebelumnya, untuk melakukan update aplikasi kita hanya cukup menggunakan aplikasi patch yang telah disediakan.
Ada beberapa masalah yang muncul disaat kita melakukan instalasi dari awal yaitu kegagalan saat akan melakukan registrasi Operator Sekolah. Mungkin hal ini juga dialami oleh sebagian rekan-rekan Operator Sekolah yang hendak melakukan registrasi pada aplikasi dapodiknya.
Saat kegagalan registrasi muncul, mungkin berbagai asumsi dikeluarkan untuk mencari penyebabnya. Mulai kemungkinan aplikasi rusak, kode registrasinya mungkin sudah berubah, adanya cache pada browser, sampai komputernya yang bermasalah. Namun rekan-rekan tidak perlu panik karena kata pepatah: "Ada masalah pasti ada solusinya".
Kegagalan regstrasi ini terjadi karena prefill yang kita gunakan tidak terbaca oleh sistem pada aplikasi dapodik dan biasanya akan ditandai seperti pada gambar berikut.


Cara Mengatasi Gagal Registrasi Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0 :
  1. Silahkan buka laman download database prefill di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill

  2. Dilaman tersebut terdapat petunjuk bahwa apabila prefill TIDAK DITEMUKAN, mohon melakukan proses generate terlebih dahulu. Selanjutnya ada sebuah link untuk melakukan generate prefill, silahkan klik link tersebut atau klik melalui link ini http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
  3. Setelah laman aplikasi prefill terbuka, silahkan pastikan plihan JENIS PREFILL pada KODE REGISTRASI. Selanjutnya masukkan KODE REGISTRASI dapodik yang kita miliki (kode registrasi yang digunakan pada aplikasi dapodik V 2.0.8). Terakhir klik tombol GENERATE.

  4. Tunggu hingga proses generate prefill selesai dilakukan.

  5. Setelah proses generate selesai selanjutnya tekan tombol download yang terdapat di pojok kanan atas tabel untuk mendownload prefill terbaru hasil generate (prefill terbaru juga bisa didownload di laman download prefill)
  6. Pasang pada folder prefill yang terdapat pada Local Disk (C) > prefill_dapodik
  7. Terakhir lakukan instalasi aplikasi dapodikdas V 3.0.0 pada komputer.
  8. Jika tidak terjadi kendala maka proses registrasi akan berhasil.

  9. Selamat bekerja
CATATAN:
- Jika dengan cara diatas masih tetap gagal, maka silahkan lakukan pengaduan  DISINI

Sekian tutorial tentang Cara Mengatasi Gagal Registrasi Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

16 komentar:

  1. Terima kasih banyak sangat sangat sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya.

      Hapus
    2. sudah dilakukan dgn cara dan prosedur yg sudah diberikan diatas, dan juga sudah memasukkan data sekolah sebagai pengajuan kegagalan.
      kapan akan diproses atas kiriman pengajuan kegagalan tersebut...?
      sudah dicona lagi tetap terjadi hal yang sama.

      Hapus
    3. Coba pastikan nama prefill hasil generate yg telah didownload tidak berubah, misalnya ada perubahan nama dengan penambahan (1),(2), atau lainnya. Pastikan aplikasi dapodikdas yg anda gunakan dalam kondisi baik. Lakukan restart komputer setiap selesai uninstall aplikasi. Lakukan hard refresh Ctrl+F5 secara berulang-ulang setiap selesai instal aplikasi. Pastikan penulisan kode registrasi benar, usahakan tidak copy paste. Pengaduan hanyalah sebagai solusi terakhir untuk mengatasi gagal registrasi yg dapat juga dilakukan melalui operator kecamatan/dinas kab./kota setempat.

      Hapus
    4. Jawaban pak yusuf atas pertanyaan saya diatas ternyata belum semua sekolah se-indonesia di update oleh pusat..hari kamis ini penentuan hasil generate masal.

      Hapus
    5. Oke. Jika demikian mudah-mudahan setelah update tidak ada masalah lagi, silahkan ditunggu saja hingga kamis. Namun sembari menunggu silahkan dicek lagi dengan cara diatas karena sebelumnya kami juga mengalami masalah yang sama dengan masalah anda pada saat registrasi aplikasi kami dan bisa diatasi cukup dengan cara diatas saja.

      Hapus
    6. Terima Kasih atas share-nya...

      Hapus
  2. jika muncul tulisan "gagal membuat file temporary" bagaimana solusinya

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Coba lakukan pembersihan cache browser dengan menggunakan aplikasi CCleaner atau lainnya sebelum melakukan instalasi aplikasi dapodik.

      Hapus
  4. saya sdh mengisi dan mengubah data di dapodikdas 2014, tapi ketika mau mbuka beranda dapodikdas lg ko ga bisa ya. mohon petunjuk.. mksh bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gak bisa bagaimana?, coba lakukan refresh browser dengan menekan tombol Ctrl+F5 secara bersamaan.

      Hapus
  5. kok pada saat saya memasukkan kode registrasi selalu muncul data tidak ditemukan, apa mungkin sekolah kami belum di update. SMAN 1 Panca rijang sidrapa sulsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutorial diatas diperuntukkan bagi sekolah yang berada di bawah naungan Ditjen Dikdas (SD, SMP, dan sederajat). Untuk SMA silahkan lakukan generate prefill melalui link ini: http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill/generate_prefill.php

      Hapus
  6. apa boleh satu aplikasi dalam satu komputer bisa untuk 2 atau lebih sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, namun tidak disarankan bagi yang bukan dalam satu ditjen. Contoh: Dikdas dan Dikmen.

      Hapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !