Aplikasi BSD v2.07 untuk Aplikasi Dapodikdas dan Patch v2.07c

Dirjen Dikdas kembali merilis aplikasi BSD untuk aplikasi dapodikdas dan patch v2.07. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yaitu aplikasi BSD v2.06, pada aplikasi BSD v2.07 ini operator sekolah tidak perlu lagi mengirimkan hasil backup aplikasi BSDnya melalui kantor Dinas Pendidikan karena hasil backup nantinya akan terkirim secara otomatis ke server P2TK Dikdas (selama komputer dalam keadaan terkoneksi internet).
Adapun batas akhir untuk penggunaan aplikasi BSD v2.07 ini masih belum ditentukan.

Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi BSD v2.07:
  1. Sebelum melakukan instalasi aplikasi BSD v2.07, pastikan aplikasi versi sebelumnya telah di uninstal dari Desktop/Laptop.
  2. Aplikasi dapodik sudah menggunakan patch terbaru v2.07c
  3. Setelah proses BSD selesai dikakukan maka secara otomatis akan membuat copy carbon (file) pada Desktop/Laptop. File copy carbon ini dapat dipergunakan untuk pengiriman backup manual melalui operator tunjangan Dinas Pendidikan jika operator sekolah tidak memiliki koneksi internet yang memadai pada desktop/laptop yang dipergunakan.
  4. Penggunaan aplikasi ini dibatasi dalam setiap harinya.
  5. Pastikan data yang ada pada aplikasi dapodik sudah benar/valid sebelum menjalankan aplikasi BSD ini.
Cara menggunakan aplikasi BSD v2.07:
  1. Jalankan aplikasi BSD, disarankan dengan klik kanan pada icon selanjutnya pilih "Run as adminstrator".


  2. Pada jendela aplikasi akan tampil nama sekolah yang terdapat pada aplikasi dapodikdas atau silahkan pilih salah satu jika terdapat lebih dari satu.


  3. Pilih "Lanjutkan" maka proses backup akan langsung dimulai dan secara otomatis terkirim ke server P2TK (jika terkoneksi internet).
  4. Seteleh selesai selanjutnya klik tombol "Simpan" untuk menyimpan copy carbon (file) yang nantinya dapat digunakan untuk pengiriman secara manual melalui oprerator tunjangan Dinas Pendidikan setempat (jika terjadi kendala/tidak memiliki koneksi internet yang memadai).


  5. Proses backup selesai.

Aplikasi BSD v2.07 dan panduan aplikasi bisa didonwload melalui link berikut ini:


Sekian informasi tentang Aplikasi BSD v2.07 untuk Aplikasi Dapodikdas dan Patch v2.07c, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !