Cara Memastikan Data Dapodik 2013 Terkirim ke Server Pusat

Setelah proses sinkronisasi data dapodik dilaksanakan, selanjutnya adalah tentang cara memastikan data dapodik telah terkirim ke server pusat.

Berikut langkah yang dapat digunakan untuk memastikan data dapodik telah terkirim ke server pusat :
1. Pada halaman utama web dapodikdas http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, silahkan cek di bagian sidebar sebelah kanan web pada menu "Sync Terbaru". Jika data Anda berhasil terkirim maka akan tampil nama sekolah Anda bersama nama-nama sekolah lainnya yang baru melakukan poses sinkronisasi. Namun pengecekan dengan metode ini membutuhkan kecepatan dan ketelitian karena data yang ditampilkan hanya sebagian dari sekolah terbaru yang sudah melakukan proses sinkronisasi.


2. Cara selanjutnya yaitu silahkan cek pada menu "progress pengiriman" selanjutnya klik provinsi - kabupaten/kota - kecamatan.

Jika status pengiriman di kolom "Waktu sync" pada sekolah Anda terisi berarti data dapodik Anda telah berhasil terkirim.


3. Cara terakhir yaitu silahkan login pada menu "Login Manajemen" pada bagian sidebar sebelah kiri web dapodik.

Selanjutnya isikan email dan pasword dapodik Anda. Jika muncul peringatan bahwa "Email dan password yang anda masukkan tidak cocok"  padahal Anda sudah benar-benar yakin bahwa data yang diisikan benar dan telah dicoba berulang kali, maka hal tersebut bisa digunakan sebagai acuan bahwa data dapodik Anda tidak berhasil terkirim ke server pusat


Demikian tentang Cara Memastikan Data Dapodik 2013 Terkirim ke Server Pusat, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan operator sekolah di seluruh Indonesia.

6 komentar:

  1. Patch 06 sudahkah release pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, silahkan simak disini:
      http://operatorsekolahtamankrocok.blogspot.com/2014/01/download-aplikasi-dapodik-dan-patch.html

      Hapus
  2. tetap tidak bisa login

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini login manajemen hanya bisa dilakukan oleh Operator Kabupaten/Kota dan Operator Propinsi untuk previlage bagi Operator Sekolah kini ditiadakan.

      Hapus
  3. Nuptk dinyatakan tidak valid oleh dapodik wlaupun sdh dinyatakan valid oleh padamunegeri. Tidak ada kesalahan nama dan data sama antara dapodik dan nuptk. Sy sdh 3 kali kirim bsd ke dinas dan sudah nunggu smapai 1 minggu tetapi tetap sama tidak ada perubahan. Kemana hrus mengadu. Tolong solusinya secepat pak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dimaksud dinyatakan tidak valid oleh Dapodik atau oleh P2TK saat cek Verifikasi Data PTK?. Jika tidak validnya saat cek Verifikasi Data PTK, silahkan Anda cek kembali secara berulang-ulang karena hal tersebut bisa disebabkan oleh gagal terbacanya status NUPTK oleh server. Semoga bermanfaat.

      Hapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !