Cara Instal Aplikasi Dapodik 2013 Versi 2.0 Beta

Cara Instal Aplikasi Dapodik 2013 Versi 2.0 - Berikut Cara instalasi aplikasi Dapodik terbaru tahun 2013:

Langkah-langkah instal aplikasi Dapodik 2013 cukup mudah, khususnya bagi operator sekolah yang sudah berpengalaman melakukan instalasi aplikasi dapodik 2012.

1. Silahkan download aplikasi dapodik 2013 versi terbaru melalui link ini http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

2. Download juga data prefill sekolah Anda melalui link ini http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Silahkan masukkan kode registrasi dapodik sekolah Anda pada kolom yang tersedia untuk mendownload.


3. Selanjutnya akan muncul halaman berikut. Silahkan klik link download seperti yang di tunjukkan pada gambar


4. Setelah data prefill sekolah berhasil didownload, untuk memudahkan pencarian silahkan simpan data prefil tersebut pada directori komputer tempat Anda menyimpan aplikasi dapodik.exe


5. Buat folder baru (New Folder) pada diretori Anda menyimpan data prefill, dan silahkan rename / berinama folder baru tersebut dengan "prefill_dapodik" (tanpa tanda petik). Selanjutnya pindahkan data prefill ke dalam folder.


6. Silahkan copy dan tempatkan (paste) folder "prefill_dapodik" Anda beserta data prefill yang sudah berada didalamnya ke directori sytem C: komputer/laptop Anda


7. Selanjutnya silahkan jalankan aplikasi dapodik 2013 (setup.exe) yang Anda miliki.


8. Tekan lanjut untuk masuk ke langkah selanjutnya.


9. Selanjutnya adalah tahap pemilihan port, pada tahap ini port yang tersedia telah terisi secara otomatis atau silahkan tekan check port untuk menghindari bentrok port dan selanjutnya tekan lanjut.


10. Pada form persetujuan silahkan untuk membaca "Kesepakatan atas Lisensi" sebelum menuju langkah selanjutnya. Jika setuju dengan Kesepakatan atas Lisensi yang ada, silahkan pilih "Saya setuju dengan kesepakatan tersebut" selanjutnya tekan tombol lanjut.


11. Silahkan tunggu proses penginstalan yang sedang berlangsung.


12. Selanjutnya klik lanjut pada form "Konfigurasi Server Dapodikdas", tunggu hingga proses selesai dan terakhir tekan tombol selesai.


13. Jalankan aplikasi dapodik yang sudah terinstal di komputer/laptop Anda.


14. Klik tombol "Registrasi" pada tampilan awal aplikasi Dapodik Anda.


15. Isi data yang terdapat pada form registrasi "Operator Sekolah" beserta kode registrasinya dan terakhir tekan tombol simpan.

  • Remove/uninstal aplikasi Dapodik 2012 yang sebelumnya telah terinstal pada komputer/laptop Anda sebelum melakukan proses instalasi aplikasi Dapodik 2013 (Jangan lupa untuk melakukan backup data pada aplikasi Dapodik 2012 Anda).
  • Disarankan untuk menutup semua program/aplikasi yang sedang berjalan sebelum melakukan proses instalasi aplikasi Dapodik 2013.
  • Gunakan kode registrasi baru yang diberikan oleh KK Datadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing (bukan kode registrasi lama yang digunakan pada aplikasi Dapodik 2012).
  • Untuk informasi selengkapnya silahkan baca panduan/manual resmi aplikasi dapodik tahun 2013.

Demikian informasi tentang Cara instalasi aplikasi Dapodik tahun 2013, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !