Cara Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 pada PC/Laptop

Cara Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 pada PC/Laptop - Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 ini memang rilis dalam bentuk file installer (bukan berupa patch/updater), sehingga untuk menggunakannya kita diharuskan untuk melakukan instalasi dari awal.

Tutorial tentang cara install aplikasi Dapodik khususnya versi 2020 ini, hampir sama dengan cara instalasi pada aplikasi Dapodik diversi- versi sebelumnya. Namun tidak ada salahkan jika kami mengulasnya kembali bagi para pembaca semua khusunya bagi para Operator baru yang tentunya masih butuh untuk banyak belajar.

Cara Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 pada Komputer PC atau Laptop :

1. Unduh/persiapkan file installer aplikasi Dapodik versi 2020nya.

Baca juga: Download Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 Tahun Ajaran 2019/2020

2. Lakukan uninstall aplikasi Dapodik versi sebelumnya yang masih terdapat pada PC/Laptop.
3. Selanjutnya double klik file installer Dapodikdasmen versi 2020 nya untuk memulai proses intstalasi (disarankan dengan klik kanan file dan selanjutnya pilih "Run as administrator")


4. Tunggu proses instlasi hingga selesai.
5. Download prefill dapodik di laman resmi dapodikdasmen dan selanjutnya copykan pada folder C dengan nama folder "Prefill_Dapodik" (hal ini khusus bagi yang hendak registrasi secara offline saja bukan online)
5. Setelah instalasi selesai, silahkan buka/jalankan aplikasi
6. Pada tampilan awal registrasi aplikasi dapodik versi 2020. Silahkan pilih  jenis registrasi(online/offline), ketik kode registrasi, email, dan password dapodik dan terakhir klik tombol submit.


7. Jika registrasi berhasil makan akan tampil tabel konfirmasi berhasil.


8. Selanjutnya masukkan email dan password sesuai yang telah diinput pada saat registrasi untuk login dan mulai menggunakan aplikas dapodik.



CATATAN:
- untuk download prefill silahkan melalui laman web unduhan dapodik (klik menu DATA PREFILL) disini http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
- setelah melakukan uninstall/pencopotan aplikasi, sangat disarankan untuk melakukan pembersihan cache komputer bisa menggunkan aplikasi cleaner gratis seperti Ccleaner.

Demikianlah informasi tentang Cara Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 pada PC/Laptop, semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca khususnya bagi rekan-rekan Operator Sekolah di seluruh Indonesia.

4 komentar: