Mulai 1 Juli 2017, Info GTK Hanya Bisa Diakses Oleh Guru Yang Terdaftar SIM PKB ?


Saat kita mencoba mengakses salah satu laman resmi cek Info GTK, kini muncul notifikasi yang menyatakan bahwa link info GTK tersebut mulai 1 Juli 2017 hanya bisa diakses oleh guru yang sudah terdaftar disalah satu Kelompok Kerja Guru/Kepala Sekolah/Pengawas. Dan dibawahya tertera link pendaftaran yang saat dibuka akan mengerah ke salah satu situs aplikasi SIM PKB yang lebih kita kenal sebelumnya dengan aplikasi Guru Pembelajar.


Jadi kesimpulan berdasarkan pada pengumuman yang tertera tersebut, sejak 1 Juli 2017 nanti guru/kepala sekolah/pengawas sekolah yang belum terdaftar pada sistem aplikasi guru pembelajar dan belum tergabung dalam komunitas kelompok kerja tidak akan bisa mengakses informasi yang ada di info GTK.

(Baca juga: Cara Registrasi dan Login Akun Guru Pembelajar SIM PKB 2017)

Namun untuk pastinya kita tunggu saja hingga memasuki tanggal yag ditentukan apakah memang akan demikian adanya. Karena memang sistem pengecekan info GTK dengan cara ini tergolong baru sehingga tentunya masih akan ada penyesuaian-penyesuaian lagi tentunya.

Terlebih jika Guru/PTK tersebut tidak bisa melakukan pendaftaran di sistem aplikasi Guru Pembelajar misalnya seperti Guru/Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah baru ataupun guru mapel seperti halnya Guru Mapel PAI yang tidak memiliki Nomor Peserta UKG 2015 tentu hal tersebut nantinya akan menjadi kendala tersendiri saat registrasi. Sedangkan perlu diketahui bersama bahwa, di sebagian kabupaten/kota info GTK juga menjadi persyaratan pencairan sertifikasi oleh guru mapel PAI yang meskipun linieritas jam mengajar di info GTKnya  tidak terbaca oleh sistem.

Dan yang terpenting lagi adalah apakah Operator Sekolah akan diberikan akses untuk cek info GTK atau tidak ? dan apakah Dapodik selama ini dikelola/dikerjakan oleh Kelompok Kerja Guru bukan Kelompok Kerja Operator Sekolah? juga perlu menjadi pertanyaan karena mengingat tidak semua Operator Sekolah berstatus sebagai guru atau meski berstatus guru banyak yang masih baru dan tidak pernah mengikuti UKG 2015 sedangkan data yang ada di Info GTK mayoritas berasal dari aplikasi Dapodik yang mau tidak mau seharusnya juga harus diberikan akses agar validasi data menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.

0 komentar:

Posting Komentar