Cara Cek NIK Verval PTK Berdasarkan Foto yang Tertera Pada E-KTP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan benar-benar serius dalam mengelola data pendidikan yang bersumber dari aplikasi Dapodik sekolah. Hal tersebut terbukti agenda satu pintu sistem pendaatan Dapodik yang terintegrasi dengan data online lainnya saat ini sudah mulai diterapkan, salah satu contohnya yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) PTK/Guru yang terisi pada aplikasi online Verval PTK sudah terhubung dengan aplikasi E-KTP.

Jadi jika data NIK yang diinput salah, nantinya dapat segera diketahui oleh Operator Sekolah selaku petugas data yang dipercaya untuk mengelola data guru di lembaganya.

Lalu bagaimana cara mengetahui NIK yang sudah diinput benar?. Caranya mudah, yaitu bisa kita cek melalui "Menu Perbaikan Foto" yang ada di aplikasi online Verval PTK.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan buka dan login di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/edit/photo#


2. Klik pada menu Pengelolaan > Perbaikan Foto


3. Selanjutnya klik tepat pada salah satu foto PTK


4. Jika NIK yang diinputkan pada aplikasi Dapodik benar, maka akan tampil foto E-KTP tepat di sebelah foto PTK di aplikasi Verval PTK


5. Namun jika foto tidak muncul, kemungkinan besar NIK yang diinput pada aplikasi Dapodik salah, jadi silahkan perbaiki NIK melalui menu "Perbaikan Data Master" dengan melampirkan (upload) file pendukung yang diperlukan

Sekian informasi tentang "Cara Cek Verval PTK Berdasarkan Foto yang Tertera Pada E-KTP", jangan lupa LIKE/FOLLOW/SHARE jika informasi ini bermanfaat bagi seluruh pembaca khususnya para Operator Sekolah/Guru di seluruh Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !