Cara Download/ Generate Prefill Dapodikdasmen Tahun 2016

Proses registrasi aplikasi Dapodikdasmen Versi 2016 yang pada 30 Juli 2016 lalu telah dirilis oleh Ditjen Dikdasmen Kemdikbud mulai dapat digunakan oleh seluruh Operator Sekolah di Indonesia guna mengentri data Dapodik terbaru sekolah seperti data peserta didik baru, meluluskan siswa kelas akhir, maupun update data pendidikan lainnya. Adapun untuk bisa menggunakan aplikasi Dapodik 2016 ini, Operator Sekolah diharuskan untuk melakukan instalasi ulang dan diharuskan pula untuk melakukan registrasi baru.

Pada proses registrasi aplikasi Dapodikdasmen 2016 ini, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara Online maupun Offline.Pada regitrasi offline (tanpa terkoneksi internet), Operator Sekolah diharuskan untuk melakukan generate dan download prefill terbaru yang selanjutnya file prefill tersebut di simpan pada drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”. Hal tersebut sebagaimana proses pemasangan prefill pada aplikasi Dapodik sebelumnya.

Cara Download Prefill Dapodikdasmen tahun 2016 :
  1. Silahkan buka link berikut http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. Klik pada menu DATA PREFILL
  3. Buka salah satu link pefill yang tersedia pada laman prefill atau silahkan buka/copy salah satu link prefill dibawah pada browser internet anda:
    http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen
    Link Alternatif :
    http://118.98.166.61/prefill_dikdasmen
    http://118.98.166.54/prefill_dikdasmen
    http://118.98.166.68/prefill_dikdasmen
    *) Silahkan pilih salah satu link yang bisa dibuka

  4. Selanjutnya masukkan data Jenjang Sekolah dengan mengklik tanda panah, Username (email yg dipakai pada dapodik sebelumnya), Password (yang dipakai pada dapodik sebelumnya), Kode Registrasi terbaru, dan terakhir klik tombol GENERATE

  5. Jika data yang dimasukkan benar, selanjutnya tunggu hingga proses generate prefill selesai

  6. Terakhir donwnload prefill hasil generate lalu simpan pada drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik” (buat folder baru dan tanpa tanda petik)


  7. Selanjutnya silahkan lakukan proses intalasi pada aplikasi dapodik anda.
CATATAN:
  • Sebelum melakukan proses intalasi aplikasi dapodik, silahkan lakukan pencopotan (uninstall) aplikasi sebelumnya yang masih terdapat pada komputer.
Sekian informasi tentang Cara Download/ Generate Prefill Dapodikdasmen Tahun 2016, semoga bermanfaat dan simak informasi kami seputar aplikasi Dapodik 2016 kami lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !