Cara Cek Pencairan Dana Tunjangan Sertifikasi 2016 di Info GTK

Setelah melewati proses yang cukup panjang dengan melewatkan Operator Sekolah, dari proses penginputan data, validasi data di info GTK, perbaikan data belum valid, hingga menunggu proses penerbitan SKTP merupakan tugas pokok dari seorang Operator Sekolah.

Sebagimana telah kita ketahui bersama bahwa data dapodik maupun info GTK tidak hanya berkaitan dengan data tunjangan profesi atau sertifikasi saja, namun juga berkaitan dengan kebutuhan data lainnya seperti data guru, data siswa, NUPTK, data BOS, tunjangan insentif guru Non PNS, tunjangan guru daerah terpencil, bantuan beasiswa guru, sarana prasarana dan lainnya.

Terkait pencairan dana tunjangan sertifikasi, setelah proses SKTP terbit langkah selanjutnya ialah menunggu hingga proses pencairan dana sertifikasi masuk ke rekening masing-masing.

Baca juga: SKTP Sertifikasi Guru Triwulan I dan II 2016 di Info GTK sudah Terbit

Untuk memudahkan pengecekan dana sertifikasi sudah cair atau belum sebenarnya sudah tersedia di Info GTK, namun mungkin dari sebagian guru atau operator sekolah masih banyak yang belum tahu terkait hal tersebut.

Cara Cek Pencairan Tunjangan Sertifikasi 2016 di Info GTK :
  1. Pastikan anda telah login pada laman info gtk dengan username dan password penerima tunjangan sertifikasi. Cara lengkap cek info GTK bisa dibaca DISINI
  2. Setelah info GTK terbuka, selanjutnya pastikan SKTP telah terbit, jika belum anda tidak bisa lanjut ketahap pengecekan selanjutnya hingga SKTP diterbitkan
  3. Pada kolom tunjangan profesi, silahkan klik tombol "Lihat Realisasi Pembayaran"
    Klik Tombol Realisasi Pembayaran
  4. Selanjutnya akan muncul kolom Pop Up (melayang) Realisasi Tunjangan Profesi Detail Pembayaran.
  5. Jika dana sertifikasi sudah selesai dibayarkan maka secara otomatis pada kolom Detail pembayaran tersebut akan terisi data realisasi pembayarannya.
  6. Jika data sudah muncul selanjutnya silahkan cek rekening Anda masing-masing.
    Pastikan Detail Pembayaran telah Terisi
Cara diatas hanyalah sebagai alternatif untuk memastikan dana dan jumlahnya sudah tercairkan atau belum. Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan mengaktifkan SMS banking pada rekening anda, dengan cara tersebut setiap ada proses transfer yang masuk anda akan memperoleh SMS notifikasi pada nomor HP yang terdaftar di rekening. Untuk mengaktifkan fitur SMS banking tersebut silahkan menghubungi bank sesuai rekening sertifikasi anda.

Mudah-mudahan dengan cara diatas, anda sudah tidak perlu lagi bertanya kesana kemari dan tinggal duduk manis dirumah dengan memantau Info GTK masing-masing atau menunggu SMS pencairan.

Sekian informasi tentang Cara Cek Pencairan Dana Tunjangan Sertifikasi 2016, semoga bermanfaat dan simak informasi terbaru kami seputar pendidikan lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !