Download Panduan Pengoperasian Aplikasi UKG 2015

Tampilan dan tata cara pengoperasian aplikasi UKG 2015 kemungkinan akan tetap sama seperti pada aplikasi uji kompetensi guru di tahun sebelumnya. Didalam panduan pelaksanaan UKG yang dirilis oleh Tim UKG Online Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, sudah dijelaskan dengan jelas tentang cara pengoperasian aplikasi UKG bagi para peserta. Jadi bagi Guru yang pernah mengikuti UKG di tahun sebelumnya tentu nantinya tidak ada akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan aplikasi UKG 2015 hanya tinggal fokus pada materi soal yang diujikan saja. Namun lain halnya bagi yang belum pernah mengikuti UKG tentunya selain belajar materi ujian juga harus mempersiapkan diri untuk belajar cara pengoperasian aplikasi.

Berikut sedikit penjelasan tentang cara pengoperasian aplikasi UKG 2015 :
  1. Untuk memulai ujian, peserta diharuskan login terlebih dahulu dengan memasukkan 16 digit ID ujian dan 14 digit kode validasi


  2. Plih mata ujian yang akan diikuti lalu klik tombol "Ikut Ujian", untuk latihan peserta bisa menekan "Tombol Latihan" yang berada disebelahnya. Biasnya panitia menyediakan waktu khusus untuk sesi latihan sebelum ujian dimulai.


  3. Pada kotak konfirmasi cek mata ujian, jenis tes, ID ujian, dan nama peserta, jika sudah benar klik tombol "Ikut Ujian"


  4. Untuk menjawab soal, bisa menggunakan tombol keyboard komputer dengan menakan tombol A,B,C, dan D atau langsung klik jawaban yang diangggap benar dengan mouse.


  5. Pada tombol navigasi, tersedia beberapa fitur seperti tombol kembali, maju ke soal berikutnya, memperbesar tampilan layar, tombol berhenti ujian, dan lainnya. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.


  6. Setelah menekan tombol selesai ujian, akan ada konfirmasi. Silahkan klik "Ya" atau klik "Tidak" jika tdak ingin menyelesaikan ujian.



  7. Selanjutnya akan kembali muncul konfirmasi akhir, silahkan klik "Selesai" atau klik "Lanjut" untuk melanjutkan ujian yang sedang diikuti.


  8. Di akhir ujian skor UKG akan langsung dapat diketahui jumlah jawaban benar dan jumlah jawaban salah.


Usahakan dalam mengerjakan soal dapat selesai sebelum waktu yang ditentukan dengan melihat petunjuk waktu yang berada di pojok kanan atas aplikasi karena biasanya aplikasi akan berhenti/stop otomatis meski belum menekan tombol selesai.

Untuk informasi lebih jelas dan lengkap silahkan tanyakan langsung kepada penyelanggara atau panitia ujian ditempat pelaksaan UKG.

Download panduan pengoperasian aplikasi UKG DISINI 

Baca : Download Aplikasi Latihan Uji Kompetensi Guru UKG 2015

Sekian dan semoga bermanfaat. Tunggu informasi terbaru kami lainnya !

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !