Alamat Link Aplikasi Generate Prefill Dapodikmen

Seiring dengan adanya beberapa pertanyaan dari rekan-rekan operator sekolah yang berada di jenjang SMA/sederajat terkait cara generate prefill aplikasi dapodikmen, membuat kami termotivasi untuk menulis informasi ini. Mudah-mudahan nantinya dapat bermanfaat bagi rekan-rekan operator dapodikmen sekolah diseluruh Nusantara.

Hampir sama dengan aplikasi serupa yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikdas, pihak Dirjen Dikmen juga menyediakan alamat link untuk melakukan generate prefill aplikasi dapodikmen. Aplikasi generate prefill dapodikmen ini dapat diakses secara online oleh masing-masing operator sekolah.

Dengan adanya aplikasi generate prefill dapodikmen ini, operator sekolah dapat melakukan generate prefill sesuai data terbaru yang telah disinkronisasi secara mandiri tanpa harus menunggu generate masal yang secara rutin dilakukan oleh Admin Dapodikmen pusat.

Prefill Dapodikmen terbaru hasil generate nantinya bisa digunakan sebagai file backup online. Jadi jika suatu saat harus melakukan instalasi dengan aplikasi terbaru, kita tidak perlu takut kehilangan data yang telah diinput pada aplikasi sebelumnya.

Berikut alamat link generate prefill dapodikmen :
  • http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill/generate_prefill.php
  • http://202.92.204.194/prefill/generate_prefill.php
Cara melakukan generate prefill dapodikmen:
  1. Klik/kunjungi  salah satu alamat link diatas

  2. Selanjutnya pilih JENIS PREFILL, bisa menggunakan NPSN atau KODE REGISTRASI Dapodikmen yang anda miliki dengan mengklik tanda panah yang tersedia.
  3. Pada kolom kosong dibawahnya, masukkan kode NPSN atau Kode Registrasi sesuai dengan pilihan pada jenis prefill
  4. Terakhir klik tombol GENERATE
  5. Tunggu hingga proses generate selesai.
  6. Selanjutnya download prefill terbaru hasil generate melalui link ini http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download#prefill
Cara install aplikasi dapodikmen menggunakan prefill terbaru:
  1. Pastikan aplikasi dapodikmen yang ada dikomputer telah di remove (uninstal)
  2. Simpan prefill tebaru hasil generate tersebut pada folder prefill_dapodik yang terdapat di directory komputer local disk C > prefill_dapodik. Jika folder prefill_dapodik tidak ada, silahkan buat dulu folder baru dan ubah nama/rename dengan prefill_dapodik
  3. Selanjutnya instal aplikasi dapodikmen menggunkan file dapodikmen installer (bukan patch)
  4. Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya jalankan aplikasi dan lakukan registrasi ulang seperti saat pertama kali menggukan aplikasi dapodikmen pada komputer.
  5. Login dengan email/user dan password sesuai dengan data yang anda isi di formulir registrasi dan lihat hasilnya
Sekian dan semoga bermanfaat.

2 komentar:

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !