Data Peserta UN Akan Diambil Dari Dapodik Tahun 2015

Di tahun pelajaran baru 2014-2015 tugas Operator Sekolah akan semakin berat dan dituntut untuk lebih teliti, pasalnya ditahun pelajaran 2014-2015 tersebut Pemerintah melalui Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Sekretariat Dirjen Dikdas: Supriyatno, M.A memberikan informasi bahwa database dapodik nantinya akan digunakan sebagai data UN sehingga nantinya tidak diperlukan lagi adanya penjaringan data calon peserta UN seperti sebelumnya. Data yang bersumber dari database Dapodik nantinya akan dijadikan data awal yang akan di validasi oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi.


Pemanfaatan data dapodik ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas data, namun nantinya petugas pengentry data yang dalam hal ini adalah Operator Sekolah harus lebih teliti dan tidak main-main dalam mengentry data mengingat data yang telah diinput pada masing-masing aplikasi dapodik tersebut juga akan dipakai di ijasah.
Informasi lainnya yaitu data dapodik nantinya juga akan dipakai sebagai data pokok (primer) dalam pengisian raport siswa.
Menindak lanjuti informasi tersebut diatas, seyogyanya kita sebagai Operator Sekolah mulai menata dan mengecek kembali data yang ada pada aplikasi Dapodik sekolah. Tentunya akan lebih baik jika data yang telah diinput diusahakan telah bersumber dari sumber data yang valid dan diakui negara seperti Akte Kelahiran baik data siswa baru kelas 1 hingga kelas 6. Memang saat ini data dapodik telah terbukti sangat penting seperti dalam menerbitkan NISN serta Verifikasi dan Validasi NISN oleh PDSP.
Sekian informasi tentang Data Peserta UN Akan Diambil Dari Dapodik Tahun 2015, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !