Permendikbud Nomor 18 Tahun 2019 tentang Perubahan Juknis BOS tahun 2019

Berikut ini Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2019 yang berisi tentang Perubahan Peraturan Mendikbud Nomor 3 tahun 2019 tentang petunjuk teknis (juknis) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler.

Perubahan Juknis BOS Reguler tahun 2019 ini berlaku bagi semua jenjang baik jenjang pendidikan dasar hingga menengah SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB.

juknis bos 2019 revisi

Berikut ini beberapa hal pokok yang terdapat pada Permendikbud no 3 tahun 2019 antara lain :

1. BOS Reguler diberikan kepada SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB yang didasarkan pada data hasil cut off Dapodik pada tanggal 31 Januari dan tanggal 31 Oktober.
2. Besaran BOS Reguler yang diberikan untuk:
a. SD sebesar Rp800.000,00 per 1 peserta didik setiap 1 tahun;
b. SMP sebesar Rp1.000.000,00 per 1 peserta didik setiap 1 tahun;
c. SMA sebesar Rp1.400.000,00 per 1 peserta didik setiap 1 tahun;
d. SMK sebesar Rp1.600.000,00 per 1 peserta didik setiap 1 tahun; dan
e. SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB sebesar Rp2.000.000,00 per 1 peserta didik setiap 1 tahun.

3. Komponen yang dapat dibiayai oleh BOS Reguler sebagai berikut:
a. Pengembangan Perpustakaan dengan ketentuan:
Pembelian buku maksimal 20% dari dana BOS Reguler yang diterima untuk buku teks dan buku non teks, kecuali sekolah yang telah memenuhi ketentuan penyediaan buku sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
b. Penerimaan Peserta Didik Baru.
c. Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler.
d. Kegiatan Evaluasi Pembelajaran dan Ekstrakurikuler.
e. Pengelolaan Sekolah.
f. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Pengembangan Manajemen Sekolah.
g. Langganan Daya dan Jasa.
h. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah.
i. Pembayaran Honor termasuk honor guru dengan ketentuan:
1) SD, SMP, dan SLB yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah paling banyak 15% dan untuk SD, SMP, dan SLB yang diselenggarakan masyarakat paling banyak 15% dari total BOS Reguler yang diterima;

2) SMA dan SMK yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah paling banyak 15% dan SMA dan SMK yang diselenggarakan masyarakat paling banyak 15% dari total BOS Reguler yang diterima; dan

3) guru honor yang dapat dibiayai harus memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV dan mendapat penugasan dari pemerintah daerah.
j. Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran.
k. Penyelenggaraan Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian, Sertifikasi Kompetensi Keahlian, dan Uji Kompetensi Kemampuan Bahasa Inggris Berstandar Internasional, khusus untuk SMK.
l. Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK dan/atau Praktik Kerja Industri (Prakerin)/Praktik Kerja Lapangan (PKL), di dalam negeri, Pemantauan Kebekerjaan, Pemagangan dan Lembaga Sertifikasi Profesi P-1, khusus untuk SMK.
m. Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMALB dan/atau Praktik Kerja Industri (Prakerin)/Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Pemagangan, khusus untuk SLB.

Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang membutuhkan file pdf Permendikbud Nomor 18 tahun 2019 ini,silahkan download melalui link yang telah kami sediakan DISINI

Demikianlah informasi terbaru tentang Permendikbud Nomor 18 Tahun 2019 tentang Perubahan Juknis BOS tahun 2019, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan Operator Sekolah dan para pembaca semua.

0 komentar:

Posting Komentar