Cara Ukur Jarak 2 Tempat Dengan Menggunakan Aplikasi Google Earth

Cara Ukur Jarak 2 Tempat Dengan Menggunakan Aplikasi Google Earth - Mengingat pentingnya data jarak rumah siswa ke sekolah pada aplikasi Dapodik, tentu para Operator Sekolah agar lebih berhati-hati lagi saat melakukan input data khususnya jarak rumah siswa pada aplikasi Dapodik.

Mengukur jarak rumah ke sekolah ini mudah kita lakukan dengan bantuan aplikasi Google Earth, dengan aplikasi ini kita akan bisa lebih akurat mengetahui berapakah jarah tepat antara rumah siswa ke sekolah baik dalam satuan sentimetar, meter, kilometer, dan sebagainya.

Baca juga: Operator Sekolah Ternyata Berperan Dalam Zonasi PPDB TA 2018/2019

Cara Ukur Jarak 2 Tempat Dengan Menggunakan Aplikasi Google Earth :

1. Buka/jalankan aplikasi Google Earth, untuk yang belum punya silahkan download aplikasi Google Earth Offline installer disini: https://dl.google.com/earth/client/GE7/release_7_1_8/googleearth-win-7.1.8.3036.exe
2. Cari atau tentukan letak sekolah dan rumah siswa pada aplikasi Google Earth tersebut


3. Klik ikon penggaris/ruler, selanjutnya klik titik awal hingga muncul garis lalu klik juga pada titik akhir (misal titik awal= sekolah, titik akhir= rumah siswa)
4. Silahkan ubah stuan jarak yang dipakai menjadi kilometer karena jarak yang dipakai di Dapodik adalah kilometer
5. Silahkan catat dan input hasil jarak pengukuran pada data siswa di aplikasi Dapodik sekolah

Baca juga: Cara Input Jarak Rumah Siswa Ke Sekolah pada Aplikasi Dapodik

CATATAN:
- Jarak yng dipakai adalah garis lurus antara jaran rumah ke sekolah, bukan jarak berdasarkan jalan yang biasa dilalui siswa.

Sekian tutorial tentang Cara Ukur Jarak 2 Tempat Dengan Menggunakan Aplikasi Google Earth, silahkan share informasi ini untuk rekan-rekan Operator Sekolah lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar