Cara Verval PDUN dan Cetak File Dz Calon Peserta UN SD Tahun 2018


Cara Verval PDUN dan Cetak File Dz Calon Peserta UN SD Tahun 2018 - Cara verifikasi dan validasi data calon peserta ujian Nasional 2018 jenjang Sekolah Dasar ini sebenarnya sudah banyak dibahas guna memvalidasi data peserta didiknya yang akan mengikuti Ujian Nasional di tahun 2018 ini.

Memang di tahun 2018 ini, verifikasi calon peserta UN SD tidak seperti di tahun sebelumnya yang untuk melakukan verifikasi data menggunakan aplikasi Offline yang didistribusikan ke sekolah-sekolah melalui Dinas Pendidikan setempat.

Cara Verval PDUN data Calon Peserta UN SD Tahun 2018 :

1. Buka link/tautan berikut http://pdun.data.kemdikbud.go.id
2. Silahkan login menggunakan username dan password aplikasi dapodik atau bisa juga menggunakan kode registrasi Dapodikdasmen terbaru


3. Setelah berhasil login, selanjutnya klik menu "Calon Peserta UN"


4. Klik salah satu data peserta, selanjutnya klik menu "Pengaturan No Kursi"


5. Klik pada baris "Nama Urut Rombel" atau klik tombol "UBAH" lalu pilih nomer urut sesuai jumlah ruang kelas. Contoh jika ruang kelas 6 hanya terdapat 1 kelas saja maka cukup pilih/isi dengan 01. Jika lebih dari satu maka silahkan pilih sesuai nomor urut ruang kelasnya.


6. Terakhir klik tombol "Simpan"

Cara Cetak File Dz Calon Peserta UN SD Tahun 2018 :

1. Klik salah satu data peserta, selanjutnya klik menu "Unduh File Calon Peserta UN"


2. Selanjutnya silahkan unduh file Dz dan serahkan kepada Operator Dinas Pendidikan setempat untuk di iinputkan pada aplikasi BIOUN 2018.
3. Selesai

Jika diperlukan, silahkan unduh juga Data CPUN Excel dan Berita Acara untuk dicetak dan diserahkan ke pengelola data UN atau pengawas sekolah.

PENTING !
- Pastikan seluruh Nomor Induk Siswa (NIS) telah terisi pada aplikasi online verval PDUN ini, karena jika salah satu NIS saja tidak terisi/kosong maka pada setelah file Dz  diinput pada aplikasi BIOUN akan menyebabkan data tidak valid (terbaca 0)
- Pastikan juga semua data seperti Nama lengkap siswa, Jenis Kelamin, NISN, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan lainnya telah teris dengan benar sesuai data pendukung yang diakui secara hukum seperti sudah sesuai sesuai Akte Kelahiran atau sudah sesuai Ijazah sebelumnya bagi jenjang SMP.
- Perbaikan Nama, dan tanggal lahir bisa dilakukan melalui aplikasi online Verval PD dan untuk data lainnya termasuk NIS bisa diperbaiki melalui aplikasi Dapodik sekolah.
- Cepat tidaknya perbaikan data tergantung kondisi server jika sumber data yang dipakai berasal dari aplikasi Dapodik, sedangkan untuk Verval PD tergantung cepat/tidaknya Approve verval PD oleh Admin Dinas Pendidikan setempat.

Sekian informasi tentang Cara Verval PDUN dan Cetak File Dz Calon Peserta UN SD Tahun 2018, jangan lupa LIKE/FOLLOW/SHARE jika informasi ini bermanfaat bagi para pembaca semua. Simak terus informasi terbaru dan penting kami lainnya di http://operatorsekolahtamankrocok.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar