Solusi Gagal Sinkron Token Tidak Ditemukan pada Dapodik Versi 2017

Masalah "Token Tidak Ditemukan" saat melakukan sinkronisasi aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017 semester genap tahun ajaran 2016/2017 mungkin banyak dialami oleh rekan-rekan Operator Sekolah di seluruh Indonesia.

Hal tersebut juga ditandai dengan proses sinkronisasi yang tidak kunjung usai bahkan gagal sinkron, atau juga ditandai dengan adanya notifikasi bahwa koneksi internet lambat padahal paket internet yang kita gunakan sudah menggunakan internet cepat.


Sebenarnya untuk mengatasi gagal sinkron token tidak ditemukan tersebut, cukuplah mudah. Yaitu dengan melakukan update versi aplikasi Dapodikdasmen ke versi terbaru yaitu versi 2017a.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017a tersebut hadir dalam bentuk patch/updater sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan data yang telah dientri pada aplikasi versi 2017.

DOWLOAD PATCH APLIKASI DAPODIK VERSI 2017a

Catatan:
- Jika proses update online melalui menu pengaturan di aplikasi dapodik tidak bisa dilakukan (update tidak tersedia, silahkan lakukan update secara manual dengan mendownload patch Dapodik 2017a melalui link diatas.
- Saat intalasi patch, jangan lupa klik kanan aplikasi dan pilih "Run As Administrator"

(Baca juga: Download Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2017 Semester Genap)

Setelah update dilakukan, selanjutnya buka dan refres aplikasi (Ctrl+F5) dan selanjutnya silahkan lakukan sinkronisasi kembali.

Sekian informasi terbaru tentang "Solusi Gagal Sinkron Token Tidak Ditemukan pada Dapodik Versi 2017", jangan lupa SHARE/LIKE jika informasi bermanfaat bagi rekan-rekan Operator Sekolah di seluruh Indonesia.

5 komentar:

  1. tapi kenapa dapodik sekolah kami sudah update ke 2017.a database 2.61 masih selalu gagal sinkron sudah dua mingguan begadang sampai subuh hasilnya sama " SERVER SEDANGSIBUK, COBALAH BEBERAPA SAAT LAGI " mohon gan bantuan dan pecerahannya dan solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika keterangannya server sibuk berarti memang masalah ada di server pusat (perbaikan/down). Coba sinkronnya diluar hari libur.

      Hapus
  2. iyya saya juga sudah seminggu sampai sekarang selalu gagal sinkron server selalu sibuk / pengguna layanan sedang melebihi batas. padahal proses sinkronnya biasa sdh 70% tpi tiba2 terhenti dgn ket.seperti di atas.

    BalasHapus
  3. sama saya juga gitu kalo gak server sibuk yah pengguna lay melebihi batas. mungkin server pusat lagi pembaruan dari data yang dikirim februari jadi untuk maret masih dibuka setengah-setengah dan ada waktunya. kita hanya bisa nunggu sampe kelar yang penting kita pernah melakukan sinkronisasi bertahap di bulan februari, sedangkan sinkron bulan maret untuk nambah-nambah data yang belum masuk dan yang terpenting tidak mempengaruhi jumlah jam mengajar guru sertifikasi dan rombel heheehe

    BalasHapus
  4. Klo penyebabnya: gagal men-decode data update dari server. maksudnya apa yaa? dan solusinya gimana? mohon bantuannya terima kasih.

    BalasHapus