Perbaikan Data UN Melalui Aplikasi Dapodikdasmen Kembali Diperpanjang

Setelah sebelumnya Kemdikbud melakukan himbauan untuk melakukan perbaikan data para calon peserta Ujian Nasional 2017 hingga 16 Januari 2017, kini kesempatan untuk melakukan data tersebut kembali diperpanjang hingga 31 Januari 2017.

Yang terpenting untuk diperhatikan adalah, perbaikan data dan sinkronisasi ini dilakukan oleh Operator Sekolah dengan menggunakan aplikasi Dapodikdasmen versi 2016c. Jadi bagi masing-masing guru kelas akhir tahun pelajaran 2016/2017, silahkan berkordinasi dengan Operator Sekolahnya masing-masing.


Beberapa kendala yang sering terjadi terkait masih adanya data siswa kelas akhir yang belum valid biasanya adalah:
  1. Siswa belum mempunyai akte kelahiran, karena memang akte kelahiran merupakan salah satu dasar dalam proses entri data siswa di aplikasi dapodik. Kendala ini biasanya masih banyak terjadi disekolah-sekolah pedesaan yang kadang kurang pahamnya wali murid terhadap pentingnya akte kelahiran.
  2. Adanya masalah pada aplikasi Dapodik yang dipakai oleh sekolah, cirinya data siswa siswa cenderung tidak berubah pada server meski sudah dilakukan sinkronisasi aplikasi dapodik berkali-kali. Solusinya coba gunakan aplikasi dapodik pada komputer/laptop lain dan pastikan aplikasi dapodik sudah menggunakan versi terbaru V2016c.
  3. Masih adanya beberapa pihak Guru/Wali kelas yang meremehkan pentingnya data di aplikasi dapodik dan merasa sudah melakukan penyetoran data yang dilakukan melaui aplikasi BIO UN. Sehingga kordinasi dengan pihak Operator Sekolah kurang, baik untuk pengecekan data terbaru maupun perbaikan data.
  4. Penggantian Operator Sekolah dengan petugas baru, masalah inilah yang menjadi masalah umum karena berbagai alasan tentunya, sehingga Operator Sekolah baru bersangkutan masih harus belajar lagi sehingga kurang paham dengan teknis aplikasi dapodik.
Himbauan perpanjangan perbaikan data UN 2016/2017 melalui aplikasi Dapodikdasmen bisa dibaca DISINI.

Demikianlah informasi penting tentang "Perbaikan Data UN Melalui Aplikasi Dapodikdasmen Kembali Diperpanjang", tetap semangat rekan-rekan Operator Sekolah di seluruh Indonesia. Salam Satu Data !

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !