Download Installer Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru Versi 2016

Pada akhir Juli 2016 kemarin tepatnya pada  30 Juli 2016, Kemdikbud melaui Ditjen Dikdasmen telah merilis aplikasi Dapodikdasmen versi 2016 yang diperuntukkan bagi jenjang sekolah pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB).

Jenis pembaruan pada aplikasi ini tidak hanya dilakukan pada sisi front-end saja namun juga dilakukan pembaruan pada database yang telah menggunakan database versi 2.54. Oleh karena itulah aplikasi Dapodik Versi 2016 ini hadir dalam bentuk file installer bukan updater sehingga untuk dapat menggunakannya sekolah atau Operator Sekolah diharuskan melakukan instalasi dari awal yang sebelumnya melakukan pencopotan/uninstall aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0) yang ada pada komputer.


Ada beberapa perubahan yang cukup mencolok pada aplikasi Dapodik Versi 2016 ini, yaitu proses registrasi aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu secara online dan onffline.

Untuk registrasi secara online, kita tidak memerlukan penggunaan data prefill sedangkan jika menggukana registrasi offline penggunaan prefill dapodik tetap dipakai sebagaimana pada proses registrasi pada aplikasi di versi sebelumnya dulu.

Adapun perubahan lainnya yaitu, penambahan PTK baru pada aplikasi Dapodik V2016, hanya dapat dilakukan oleh Operator Dinas Pendidikan sehingga jika sekolah hendak memasukkan PTK baru pada aplikasi, diperlukannya kordinasi/pelaporan dengan Operator Dapodik Dinas Pendidikan setempat.

Perubahan-perubahan lainnya seperti perubahan tampilan dan lainnya, dapat dibaca melalui http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Donwload Aplikasi Dapodik Vesi 2016 melalui salah satu link berikut:
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Dapodik_2016.exe
https://www.sendspace.com/file/lckrrn
http://www16.zippyshare.com/v/mPgddhca/file.html
http://nitroflare.com/view/51E54E09463A151/Dapodik_2016.exe
https://www.solidfiles.com/v/LGwzYGZKXpg4V
http://www.mediafire.com/download/2pwutebtjlg9r5i/Dapodik_2016.exe

Sebelum menggunakan aplikasi, disarankan membaca manual/panduan penggunaan yang bisa didownload melalui link berikut:
http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Panduan%20Penggunaan%20Aplikasi%20Dapodik%20Versi%202016%20(rev.%2030Juli2016).pdf

Sekian informasi terbaru tentang Download Installer Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru Versi 2016, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan Operator Sekolah di seluruh Indonesia. Jangan lupa simak informasi menarik kami lainnya.

6 komentar: