Solusi Bagi Guru yang Info GTK-nya Belum Juga Valid

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa valid atau tidaknya Info GTK merupakan salah satu syarat dicairkannya beberapa tunjangan guru. Hal tersebut dikarenakan Info GTK merupakan sumber informasi pendidik yang dinyatakan valid oleh Pemerintah karena bersumber langsung dari lembaga/sekolah masing-masing.

Saat ini pencairan tunjangan sertifikasi guru sudah mulai dicairkan ke rekening masing-masing, namun tidak bagi guru yang data Info GTK-nya hingga kini belum valid.


Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh Guru ialah segera perbaiki data yang belum valid tersebut melalui aplikasi Dapodik yang dikelola oleh Operator Sekolah dan pastikan data yang telah diperbaiki tersebut berhasil disinkronisasi pada server pusat Dapodik.

Cara memastikan data telah berhasil disinkronisasi pada server Dapodik:
  1. Silahkan login menggunakan akun Operator Sekolah di http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops


  2. Cek setiap data yang telah dirubah apakah sudah masuk pada data server


  3. Jika data sudah sesuai dengan perubahan yang ada di aplikasi Dapodik, selanjutnya tinggal menunggu perubahan pada Info GTK
  4. Jika data tidak mengalami perubahan lakukan sinkronisasi kembali atau jika diperlukan lakukan instalasi ulang pada aplikasi dapodik jika dikhawatirkan penyebab tidak validnya data karena bersumber dari masalah pada aplikasi.
Proses perubahan data pada Info GTK sejak terakhir melakukan sinkronisasi saat ini paling cepat membutuhkan waktu sekitar 4 hari maksimal hingga 1 bulan (sesuai pengalaman) karena terkait kondisi dan banyak tidaknya data yang terkirim ke server. Selanjutnya silahkan lakukan pengecekan rutin pada Info GTK.

Baca juga: Cek Lembar Info GTK Hasil Sinkron Dapodik Tahun Pelajaran 2015-2016

Jangan lupa lakukan laporan kepada Operator Tunjangan di kantor Dinas Pendidikan kab/kota masing-masing untuk dibantu juga proses penelusuran selanjutnya.

Sekian informasi tentang Solusi Bagi Guru yang Info GTK-nya Belum Juga Valid, semoga bermanfaat dan tunggu informasi terbaru kami lainnya.

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya pak admin, jujur sy sangat terbantu dg adanya info di web ini. Dan sekarang sertifikasi sy sdh cair....

    BalasHapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !