Cara Cek Penyaluran Dana BOS dari Pusat Hingga Sekolah tahun 2016

Penyaluran pencairan dana BOS tahun 2016 dapat dicek dengan mudah dan dapat diketahui oleh publik melalui website resmi salur BOS yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Proses penyaluran dana BOS dari pusat hingga ke sekolah tersebut tentunya sangatlah ditunggu-tunggu oleh setiap sekolah yang menerima dana BOS, baik sekolah negeri maupun swasta mengingat sebagian besar biaya operasional sekolah bergantung dari dana BOS.

Sesuai juknis BOS terbaru tahun 2016, alokasi sementara penyaluran dana BOS di awal triwulan didasarkan pada data Dapodikdasmen dengan ketentuan berikut :

Triwulan 1 (Januari-Maret) didasarkan pada Dapodikdasmen tanggal 15 Desember 2015
Triwulan 2 (April-Juni) didasarkan pada Dapodikdasmen tanggal 1 Maret 2016
Triwulan 3 (Juli-September) didasarkan pada Dapodikdasmen tanggal 1 Juni 2016
Triwulan 4 (Oktober-Desember) didasarkan pada Dapodikdasmen tanggal 21 September 2016

Baca juga: Download Juknis BOS Tahun 2016 Jenjang SD, SMP, SMA, SMK, Sederajat

Cara mengetahui status penyaluran dana BOS tahun 2016 :
  1. Silahkan buka alamat http://salur.bos.kemdikbud.go.id
  2. Selanjutnya klik link yang telah terisi jumlah nominal sesuai provinsi yang dikehendaki pada tabel


  3. Maka pada detail penyaluran provinsi akan tampil daftar nama sekolah yag telah menerima dana BOS. Untuk mempercepat pencarian nama sekolah, silahkan gunakan bantuan kotak pencarian (search) yang terdapat disisi atas tabel dengan mengetikkan nama sekolah dan diakhiri dengan menekan tombol enter pada keybord.


  4. Jika data tidak ditemukan atau tertera tidak ada data, berarti proses penyaluran dana BOS belum sampai ke tingkat sekolah.

Catatan:
  • Saat melakuan proses pencarian data pada alamat website salur BOS tersebut diatas, usahakan menggunakan koneksi internet stabil agar data dan halaman web dapat terbuka dengan sempurna.
  • Ulangi sekali lagi proses pengecekan seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk memastikan data sekolah yang telah diketikkan pada kotak pencarian benar.
  • Jika masih tertera "tidak ada data", silahkan ulangi kembali proses pengecekan beberapa waktu mendatang karena kemungkinan besar dana memang belum sampai ke tingkat sekolah (dalam proses).

Sekian informasi tentang "Cara Cek Penyaluran Dana BOS tahun 2016", semoga bermanfaat dan simak informasi menarik kami lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !