Penyebab Status Akreditasi di Aplikasi Dapodikdas Kembali Tidak Terisi

Setelah melakukan sinkronisasi aplikasi dapodikdas dengan  menggunakan versi 4.1.1, sebagian Operator Sekolah kebingungan mengingat status akreditasi sekolahnya pada aplikasi dapodikdas kembali tidak terisi, padahal data sudah diisi dan pada saat sikronisasi saat sebelumnya tidak ada masalah.


Tidak hanya sebatas masalah diatas, pada kolom pengisian status akreditasi juga terkunci setelah melakukan sinkronisasi sehingga untuk mengisi kolom tersebut tidak bisa dilakukan.


Menanggapi hal tersebut pihak admin Info Pendataan Dikdas memberikan informasi bahwa, proses pengisian data akreditasi sekolah nantinya akan dilakukan langsung oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) yang akan terinput secara otomatis pada aplikasi dapodikdas setelah melakukan proses sinkronisasi.

Namun hingga saat ini masih ada sebagian Operator Sekolah yang status akreditasi belum terinput secara otomatis pada aplikasi dapodikdasnya, padahal proses sinkronisasi sudah beberapa kali dilakukan. Permasalahan tersebut kemungkinan karena proses input data oleh BAN-SM masih terus berlangsung sehingga belum semua sekolah status skreditasinya kembali terisi atau kemungkinan kedua bisa disebabkan karena masa berlaku akreditasi sekolah sudah kadaluarsa (expired) sehingga harus menunggu proses reakreditasi (akreditasi ulang).

Untuk memastikan status akreditasi sekolah sudah akreditasi atau belum, Operator Sekolah bisa melakukan pengecekan langsung di website BAN-SM secara online.

Cara Cek Status Akreditasi Sekolah di Website BAN-SM :
  1. Silahkan buka atau kunjungi link berikut http://bansm.or.id
  2. Klik menu 'JENJANG', selanjutnya pilih/klik 'Data SD/MI Belum Akreditasi' atau 'Data SD/MI Sudah Akreditasi'


  3. Masukkan pilihan data Provinsi, Kab/Kota, Tipe Sekolah, dan Status Sekolah diakhiri dengan mengklik tombol 'TAMPILKAN'


  4. Maka akan segera tampil daftar sekolah sesuai pilihan data yang dimasukkan
  5. Selanjutnya silahkan cari nama/data sekolah menggunakan tombol navigasi Previous/Next yang berada di bawah tabel


  6. Jika data tampil pada status sekolah 'Belum Akreditasi', kemungkinan besar inilah penyebab dari tidak terinputnya data secara otomatis pada aplikasi dapodikdas.

TIP:
  • Jika mengalami kendala saat pengecekan status akreditasi melalui website BAN-SM (misal karena server down), silahkan cek diluar jam sibuk dan gunakan akses internet cepat/stabil agar website dapat terbuka dengan sempurna.
  • Informasi lebih lanjut mengenai akreditasi sekolah, dapat menghubungi kontak person yang tersedia di website BAN-SM atau silahkan tanyakan langsung melalui kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

Sekian informasi tentang Penyebab Akreditasi di Aplikasi Dapodikdas Tidak Terisi. Semoga bermanfaat dan tunggu informasi terbaru kami lainya.

0 komentar:

Posting Komentar