"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Baru Memperbaiki Data NUPTK melalui Laman Verval PTK

Jika sebelumnya para Guru dapat melakukan perbaikan data NUPTK atau Verval NUPTK melaui Padamu Negeri, kini setelah resmi ditutupnya layanan Padamu Negeri tersebut Kemdikbud telah menyediakan laman baru bagi para Guru/PTK/GTK untuk melakukan perbaikan data NUPTK melalui Laman Verval PTK.


Untuk menggunakan layanan verval PTK tersebut, para Guru/PTK melalui Operator Sekolah masing-masing dapat mengaksesnya dengan menggunakan Username dan Password yang digunakan untuk login pada laman Verval PD karena sudah terintegrasi dan menngunakan sistem SSO (Single Sing On) atau dapat login dengan satu akun Operator Sekolah yang telah terdaftar pada laman SDM.

Baca juga: Cara Daftar Akun Operator Sekolah di Situs PDSP Kemdikbud


Cara Verval NUPTK melalui Laman Verval PTK :
  1. Silahkan login di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  2. Sorot menu 'Pengelolaan' selanjutnya klik pada sub menu 'Perbaikan Data Master dan Photo'


  3. Untuk edit data NUPTK, silahkan klik icon pensil


  4. Perbaikan data dapat dilakukan pada Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, NIK, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung dengan melampirkan (upload) data pendukung yang sah dan diakui Undang-undang sperti Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Buku Nikah, KTP, atau Ijazah.
  5. Kita juga bisa hanya melakukan upload photo PTK apabila tidak ada perbaikan data yang disebutkan diatas pada menu yang tersedia


  6. Silahkan klik tombol 'Select' dan pilih directory atau tempat pnyimpanan file photo yang terdapat pada komputer anda (Maksimal ukuran photo 200KB) dan tunngu hingga proses upload selesai


  7. Selanjutnya klik tombol 'Upload Dokumen' dan klik tombol 'OK' pada kotak dialog konfirmasi

TIP:
  • Disarankan menngunakan koneksi internet stabil
  • Silahkan lakukan refresh dengan menekan tombol F5 pada keyboard komputer jika laman tidak terbuka dengan sempurna
  • Lakukan kompresi pada file photo (dokumen pendukung) jika ukurannya terlalu besar, cara mudah memperkecil ukuran foto dapat dibaca DISINI.
Sekian tutorial tentang Cara Memperbaiki Data NUPTK melalui Laman Verval PTK, semoga bermanfaat dan tunngu informasi terbaru kami lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar