Cara Memperbaiki Error Gagal Meyimpan Pengguna Saat Isi Akun PTK

Pada aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 yang dirilis pada awal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 lalu, masing-masing PTK melalui data penugasan PTK diharuskan untuk membuat akun PTK melalui aplikasi Dapodikdas masing-masing.

Untuk membuat akun PTK tersebut masing-masing PTK melaui aplikasi Dapodikdas yang dikelola oleh Operator Sekolah diharuskan untuk mengentri data email sebagai Username dan Password (password PTK disarankan diisi langsung oleh PTK).

Proses pembuatan akun PTK sempat terjadi kesalahan pada aplikasi dapodikdas versi 4.1.0, namun masalah tersebut telah teratasi setelah admin Dapodikdas segera merilis versi terbaru Dapodikdas 4.1.1.

Baca juga: Tips Sukses Upgrade Versi Aplikasi Dapodikdas 4.1.0 ke 4.1.1

Namun dengan dirilisnya aplikasi terbaru versi 4.1.1 tersebut, masih terdapat sedikit masalah bagi sebagian Operator Sekolah, yaitu saat hendak mengisi password pada salah satu akun PTK yaitu proses penyimpanan perubahan data akun tidak bisa dilakukan error dengan kode peringatan "Gagal menyimpan Pengguna (Data Username belum terisi dengan benar)" dan kendala error biasanya terjadi pada akun PTK milik Operator Sekolah sendiri.


Penyebab Error Gagal Meyimpan Pengguna Saat Isi Akun PTK tersebut disebabkan karena adanya duplikasi penggunaan Email/Username, bisanya antara email yang digunakan pada proses registrasi Operator Sekolah sama dengan email yang digunakan oleh akun PTK indvidu Operator Sekolah bersangkutan.

Solusinya yaitu cukup dengan mengganti email yang duplikasi tersebut dengan email lainnya.

Memang hal tersebut tersebut terkesan sepele, namun cukup membuat pusing bagi sebagian Operator Sekolah yang tidak segera mendapatkan solusinya.

Selamat bekerja, salam satu data berkwalitas!

2 komentar: