"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Pendataan Calon Peserta UN 2016 Online Berdasarkan Data Dapodik

Dalam rangka untuk mempermudah proses pendataan calon peserta UN 2016 yang lebih cepat, akurat, tepat dan akuntabel, kini Kemdikbud merilis aplikasi online Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2016 yang Berbasis pada Data Dapodik. Dengan aplikasi ini nantinya Sekolah tidak perlu lagi melakukan pendataan via manual dengan aplikasi lain, namun hanya cukup melalui aplikasi Dapodik serta melalukuakn verifikasi data melalui aplikasi online verval PD.


Baca juga: Cara Edit Data Siswa yang Salah saat Verval NISN di Aplikasi Online Verval PD

Sebenarnya pengecekan data calon peserta UN sudah pernah dilakukan sebelumnya via online, namun pada aplikasi sebelumnya tersebut fitur yang disediakan tidak selengkap pada aplikasi yang dirilis saat ini.

Baca juga: Cek Calon Peserta UN Tahun Pelajaran 2014-2015

Untuk melakukan verifikasi data calon peserta UN tahun 2016, bisa dilakukan melalui link berikut:
  1. Satuan Pendidikan Dasar (SD dan SMP)
    http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
  2. Satuan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK)
    http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
Pastikan koneksi yang digunakan stabil saat akses alamat link diatas dan jika masih terjadi kendala seperti data siswa tidak muncul atau sebaginya, coba lakukan akses diluar jam sibuk karena masalah yang timbul bisa juga disebabkan oleh kondisi server yang sedang down.

Setelah berhasil login dengan memasukkan Username dan Password sesuai yang terdaftar pada aplikasi Dapodik.


Selanjutnya klik menu 'Peserta UN' yang ada di sidebar kiri aplikasi.



Jika terdapat data berwarna merah, segera lakukan perbaikan data melaui aplikasi online verval PD di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.


Data yang perlu diunduh nantinya adalah File data Calon(.dz) dan File BeritaAcara(.pdf), selanjutnya serahkan data tersebut ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.


Entri data di jadwalkan hingga 31 Desember 2015, untuk informasi selengkapnya silahkan download Manual Aplikasi DISNI dan Petunjuk Teknis DISINI.

Informasi selengkapnya silahkan tanyakan langsung melalui kantor Dinas Pendidikan setempat.

Sekian informasi tentang Pendataan Calon Peserta UN 2016 Online Berdasarkan Data Dapodik, semoga bermanfaat dan tunggu informasi terbaru kami seputar pendidikan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar