"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Penyebab Info GTK Tidak Valid pada Verfikasi Data Sertfikasi Guru

Beberapa hari ini Operator Sekolah dan Guru kembali disibukkan dengan melakukan pengecekan data Info GTK di aplikasi online Info GTK yang disediakan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Banyak dari para guru yang risau dengan tidak validnya status kelulusan sertifikasi guru pada lembar verval tunjangan profesi info GTK. Padahal pada semester tahun pelajaran sebelumnya tidak ada masalah dan dinyatakan valid hingga SKTP diterbitkan.

Baca:  Cara Cek Info GTK Dapodik tahun 2015


Menanggapi hal tersebut, pihak admin pusat P2TK Dikdas memberikan penjelasan bahwa kembali tidak validnya status kelulusan sertifikasi di lembar info GTK tersebut disebabkan oleh adanya masalah pada NRG, NUPTK, dan Nomer Peserta sertifikasi guru. Hal tersebut merupakan imbas dari penyatuan data jenjang PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN setelah dirjen GTK dibentuk pada bulan juli 2015 lalu. Akibatnya banyak dari data NUPTK yang digunakan untuk lebih dari satu jenjang dengan data guru yang berbeda.

Adapun terkait status kelulusan sertifikasi guru, admin P2TK Dikdas belum bisa memastikan apakah sah atau tidak menunggu SOP dari pihak berwenang, namun disarankan bagi guru yang status sertifikasinya tidak valid untuk meyiapkan berkas Form A1, Ijasah Terakhir, Sertifikat, NUPTK dan Pengantar dari Dinas.

Namun bukan berarti berkas yang telah dipersiapkan tersebut nantinya pasti akan digunakan dan hanya sebagai persiapan saja sambil menunggu SOP.

Jadi dengan adanya penjelasan tersebut para guru tidak perlu risau apalagi hingga menyalahkan Operator Sekolah selaku petugas entri data. Yang terpenting ialah data guru yang telah dientri pada aplikasi dapodik telah sesuai dengan data yang dimiliki hingga hadirnya informasi lebih lanjut.

Sekian info tentang Penyebab Info GTK Tidak Valid pada Verfikasi Data Sertfikasi Guru, semoga bermanfaat.