"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Sederhana Mengatasi Aplikasi PUPNS yang Sering Log Out saat Server Overload

Proses pengisian aplikasi online PUPNS 2015 yang sering Log out/ keluar aplikasi secara otomatis memang seringkali membuat jengkel bagi sebagian PNS yang sedang mengisi aplikasi PUPNSnya disaat jam sibuk. Kendala sering log out secara otomatis tersebut bisa disebabkan oleh banyaknya user yang sedang akses secara bersamaan sehingga menyebabkan aplikasi online PUPNS overload dan hal tersebut cukup wajar karena berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik jumlah PNS tahun 2014 mencapai 4 juta lebih.

Memang dari bawaan sistem aplikasi PUPNS ini didesain akan log ut otomatis setelah mencapai durasi tertentu, namun jika log outnya terlalu sering dan hanya dalam hitungan detik saja tentu hal tersebut mengindikasikan ada masalah server. Terbukti hal tersebut jarang terjadi pada saat akses diluar jam sibuk, proses entri berjalan dengan cukup lancar tanpa kendala yang berarti seperti yang disebutkan diatas.

Sebenarnya cara mengatasi aplikasi PUPNS yang akan kami ulas ini cukup sederhana, namun sesuai pengalaman tetap sangat membantu saat proses entri data PUPNS khususnya bagi yang terdesak waktu dan menginginkan akses saat jam normal.

Cara Mengatasi Aplikasi PUPNS  yang Sering Log Out :

Akses dengan browser Google Chrome
  1. Silahkan login pada link aplikasi online PUPNS 2015 di https://epupns.bkn.go.id/login
  2. Masukkan username (kode registrasi) dan password selanjutnya klik tombol login
  3. Setelah berhasil masuk di halaman aplikasi utama PUPNS, pada google chrome akan tampil toolbar untuk menyimpan password aplikasi. Silahkan anda klik pada tombol "Save password" seperti yang ditunjukkan pada gambar.

  4. Selesai

Akses dengan browser Mozilla Firefox
  1. Silahkan login pada link aplikasi online PUPNS 2015 di https://epupns.bkn.go.id/login
  2. Masukkan username (kode registrasi) dan password selanjutnya klik tombol login
  3. Bersamaan setelah anda klik tombol login, akan tampil toolbar untuk menyimpan password di pojok kiri atas. Silahkan klik tombol  "Remember Password" tersebut.

  4. Selesai

Bagaimana cara diatas cukup sederhana dan mudah bukan?.
Fungsi dari menyimpan password pada browser Google Chrome atau Mozilla Tersebut, akan sangat berguna disaat aplikasi otomatis log out/ keluar dengan sendirinya dan menuju ke halaman login PUPNS. Jika hal tersebut terjadi maka username dan passowor sudah langsung tertera pada tabel login sehingga anda bisa langsung mengklik tombol login tanpa harus memasukkan username (kode resgistrasi) dan password satu persatu seperti sebelumnya.

Dan yang perlu diperhatikan sesuai pengalaman bahwa untuk mengentri data di aplikasi PUPNS saat server overload, maka diperlukan langkah login dan entri data lebih cepat sebelum aplikasi kembali log out sehingga Cara Sederhana Mengatasi Aplikasi PUPNS  yang Sering Log Out diatas akan sangat berguna nantinya.

Sekian dan semoga bermanfaat.