Cara Cetak Berkas Profil Perubahan PUPNS Agar Tampak Lebih Besar

Setelah proses update dan kirim data PUPNS selesai dilakukan, selanjutnya adalah proses pemberkasan yang didalamnya harus menyertakan bukti registrasi akun PUPNS, profil perubahan data, dan berkas pendukung lainnya yang terkait dengan data baru atau data perubahan yang diperbaiki pada aplikasi PUPNS.

Baca : Cara Mengatasi Aplikasi PUPNS yang Tidak Bisa Kirim Data

Dalam mencetak berkas profil perubahan data PUPNS, hasil print out yang dihasilkan kadang tercetak dengan ukuran kecil baik pada tabel maupun tulisanya. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu saat melakukan pemeriksaan data perubahan yang telah dilakukan.


Tentu hal tersebut sedikit merepotkan bagi PNS yang belum berpengalaman dalam proses edit setting printer, khusunya bagi yang data PUPNSnya dikerjakan sendiri tanpa bantuan Operator Sekolah atau Tenaga Ahli.

Berikut cara cetak berkas profil perubahan PUPNS agar tampak lebih besar :
  1. Siapkan file dan buka profil perubahan data PUPNSnya yang telah disimpan pada komputer anda (biasanya  dalam format PDF)
  2. Selanjutnya print berkas dengan menekan tombol 'Ctrl+P' atau klik menu File>Print pada file.
  3. Klik tombol 'Properties' pada kotak dialog printer

  4. Selanjutnya ubah ukuran kertas pada menu 'Printer Paper Size' pada 'Custom'

  5. Pilih unit kertas pada ukuran Mili Meter (mm) dan selanjutnya ubah 'Height' kertas menjadi 330 mm.

  6. Selanjutnya klik Oke dan lakukan print
Dengan cara diatas hasil printer akan terlihat lebih besar menyesuaikan ukuran kertas HVS/F4.

CATATAN:
- Ilustrasi menggunakan printer canon, untuk printer lainnya silahkan cari pengaturan/setting ukuran kertas yang mirip dengan tutorial diatas.

Sekian Cara Cetak Berkas Profil Perubahan PUPNS Agar Tampak Lebih Besar, selamat mencoba dan tunggu informasi terbaru kami lainnya.