Cara Cepat Cek Info GTK Dapodik Tahun 2015

Memasuki tahun pelajaran baru dan menjelang penerbitan SK TPP (SK Sertifikasi Guru, SK Tunjangan Fungsional, SK Tunjangan Khusus, dll) para Operator Sekolah dan PTK di seluruh Nusantara kini mulai sibuk kembali untuk mengecek data kepegawaian dan data mengajarnya melalui lembar Info GTK yang diterbitkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ada beberapa kekeluhan yang sering di kemukakan oleh rekan-rekan Operator Sekolah dan PTK saat hendak mengakses lembar Info GTK yg dulu lazim disebut lembar Info PTK, mulai dari server sering down, loading server berat, bahkan sulit diakses. Bagi yang memiliki koneksi internet stabil khusunya yang berada di daerah perkotaan beberapa kendala tersebut menjadi sedikit berkurang, namun lain halnya dengan rekan-rekan Operator Sekolah dan PTK yang berada di daerah pinggiran yang mayoritas masih menggunakan akses internet dengan kecepatan pas-pasan tentu hal kendala-kendala tersebut sangatlah menggangu.

Untuk itulah berikut ini kami akan memeberikan sedikit cara atau tips untuk mempercepat proses cek info GTK, tips ini mungkin sederhana dan tanpa adanya manipulasi kode HTML namun kami rasa cukup membantu sekali saat data GTK yang hendak dicek lebih dari satu orang bahkan satu lembaga.

Tips Cepat Cek Info GTK Dapodik Tahun 2015 :
  1. Buka salah satu link lembar Info GTK yg bisa anda baca DISINI
  2. Coba cek pada salah satu PTK hingga lembar info GTK berhasil terbuka dengan sempurna, selanjutnya silahkan simpan ke dalam format PDF atau di print. Cara simpan ke format PDF bisa dibaca DISINI
  3. Selnjutnya untuk cek data GTK lainnya Anda cukup mengklik tombol flash back pada browser yang biasanya ditandai dengan tanda panah ke arah kiri yang berada di pojok kiri atas browser.

    Ilustrasi menggunakan Mozilla Firefox
  4. Setelah lembar info GTK berada diposisi awal (halaman login), silahkan reload chapta untuk mendapatkan kode baru.

  5. Masukkan NUPTK/NRG.NIK beserta password (tanggal lahir) dan kode chapta yang ditampilkan dan terakhir klik tombol login. Cara selengkapnya cara cek Info GTK bisa dibaca DISINI
  6. Silahkan ulangi cara diatas hingga seluruh PTK selesai dicek.
  7. Selesai

Kelebihan menggunakan metode ini adalah Anda akan lebih menghemat waktu dibandingkan harus kembali membuka link info GTK dari awal dan harus menunggu waktu loading server.

Sekian sedikit tips dan informasi tentang Cara Cepat Cek Info GTK Dapodik Tahun 2015, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !