Download Aplikasi Dapodikdas dan Patch V 3.0.1

Sesuai janjinya Dapodikdas telah merilis aplikasi tebaru dapodikdas V 3.0.1. Dalam aplikasi dapodikdas Versi 3.0.1 ini, operator sekolah di seluruh Indonesia sudah bisa melakukan melakukan edit/update data Nama dan Tanggal Lahir PTK/Siswa dengan data terbaru semester 1 tahun pembelajaran 2014-2015.
Aplikasi Dapodikdas & Patch V 3.0.1
Bagi operator sekolah yang belum melakukan pengiriman data dihimbau agar segera melakukan sinkronisasi atau melakukan edit/update data sebelum 20 Nopember tahun 2014.

Telah tersedia dua aplikasi yang siap didownload, antara lain Patch Aplikasi Dapodikdas V 3.0.1 khusus bagi komputer/patch yang telah telah terinstal aplikasi V 3.0.0 dan aplikasi installer V 3.0.1 bagi yang belum terinstal aplikasi V 3.0.0 pada komputer/laptop.

Mungkin dari rekan-rekan operator ada yang bertanya: bisakah menggunakan file installer tanpa harus menggunakan patch?, jawabannya bisa ("tentunya dengan berabagai alasan ya :) ). Dengan adanya fasilitas generate prefill yang dapat dilakukan secara mandiri oleh operator sekolah, maka kini kita dapat menggunakan installer aplikasi dapodikdas tanpa harus takut kehilangan data yang telah diinput pada aplikasi sebelumnya. Cara generate prefill dapodikdas bisa disimak DISINI.

Yang perlu diperhatikan adalah meski perbaikan data Nama dan Tanggal Lahir PTK/Siswa dapat dilakukan tanpa harus melalui mekanisme yang ada di Verval PD, data pendukung dari sumber yang sah dan diakui undang-undang seperti Akte Kelahiran/Kartu Keluarga/dukumen lain tetap harus dijadikan dasar dalam pengisian data. Hal tersebut merupakan SOP yang harus dipegang teguh oleh setiap operator sekolah demi validitas data yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Dan yang terpenting adalah dengan menggunakan bukti/sumber yang sah seperti tersebut diatas, operator sekolah tidak dapat dipersalahkan lagi jika nantinya PTK/siswa mempermasalahkan data yang dimilikinya pada setiap data yang bersumber dari aplikasi dapodik sekolah (tapi operatornya juga jangan sampai salah input data ya !!).

Untuk mendownload aplikasi dapodikdas dan patch V 3.0.1 silakan menuju http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

Sekian informasi tentang Download Aplikasi Dapodikdas dan Patch V 3.0.1, semoga bermanfaat.