Cara Backup dan Restore Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0

Cara Backup dan Restore Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0 - ada beberapa cara yang dapat dipergunakan untuk backup dan restore data aplikasi dapodikdas Versi 3.00.

Aplikasi dapodikdas Versi 3.0.0 resmi dirilis dan dipergunakan untuk tahun pelajaran 2014-2015. Dalam aplikasi terbaru ini banyak kelebihan yang dimiliki, hal tersebut dipertegas oleh Kasubbag Data dan Informasi Dirjen Dikdas Supriyatno, MA bahwa infrastruktur pada aplikasi ini lebih siap dibanding versi sebelumnya serta kini didukung pula oleh kapasitas server yang lebih besar sehingga mampu menampung pengiriman data dari operator sekolah di seluruh Indonesia dengan tanpa adanya pembatasan wilayah seperti sebelumnya. Jika masih terdapat kendala hal itu lebih disebabkan oleh bervariasinya kemampuan masing-masing operator sekolah imbuhnya.
Perbedaan mendasar dari versi sebelumnya yaitu: pada aplikasi sebelumnya validasi data berada di tingkat server (back end) sedangkan pada aplikasi V 3.0.0 validasi berada pada tingkat sekolah (front end). Namun konsekuensi dari penerapan metode validasi front end ini, operator sekolah harus lebih berhati-hati dalam menginput data karena sistem tidak akan mengijinkan adanya kesalahan data yang diinputkan.

Cara Backup dan Restore Aplikasi Dapodikdas V 3.0.0 :

1. Menggunakan fasilitas generate prefill

Setelah dibukanya akses bagi operator sekolah untuk melakukan generate prefill secara mandiri, maka secara tidak langsung prefill terbaru hasil generate tersebut nantinya dapat dipergunakan sebagai file backup online sehingga operator cukup mendownload file prefill terbaru dan dipasang pada komputer yang akan diinstal aplikasi dapodik. Dengan menggunakan prefill terbaru, kita dapat langsung menginstal aplikasi dapodikdas dengan file installer dan tanpa harus kehilangan data yang telah diinput dan disinkronisasi sebelumnya. Tutorial lengkap tentang cara generate prefill bisa di baca DISINI

2. Menggunakan aplikasi Dapodik Helper

Aplikasi yang dirilis oleh pihak ketiga diluar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini bisa diajadikan alternatif untuk melakukan backup dan restore aplikasi dapodikdas. Meskipun tidak adanya kewajiban bagi operator sekolah untuk menggunakannya, namun tidak ada salahnya jika  mencoba aplikasi ini. Pada update terbarunya dapodik helper telah dibekali dengan fitur terbaru seperti reset password, auto konfigurasi dan sebagainya. Pembahasan selengkapnya silahkan baca DISINI

Semoga cara backup dan restore aplikasi dapodikdas V 3.0.0 diatas bermanfaat bagi operator sekolah di seluruh Indonesia, selamat bekerja.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !