Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi pada Aplikasi BSD v2.07

Beberapa keluhan muncul dari beberapa rekan Operator Sekolah yang kesulitan dalam menggunakan aplikasi BSD dapodikdas v2.07, baik gagal melakukan koneksi server maupun gagal melakukan instalasi.


Memang ada yang berbeda pada aplikasi BSD v2.07 ini yaitu proses sinkronisasi data yang kini dapat dilakukan secara langsung (online) oleh operator sekolah, sehingga tanpa harus berbondong-bondong melakukan pengiriman secara manual melalui Dinas Pendidikan.

Tips Sukses Menggunakan Aplikasi BSD Dapodikdas v2.07c:
  1.  Pastikan Anda telah menggunakan aplikasi dapodikdas terbaru v2.07c
  2.  Sebelum melakukan instalasi BSD v2.07, uninstal dulu aplikasi BSD v2.06 yang ada pada komputer/laptop. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Cara Uninstal Aplikasi BSD v2.06 Dapodikdas
  3. Jika di komputer Anda terdapat 'aplikasi BSD helper' maka lakukan pula unistal pada aplikasi tersebut, karena pada beberapa kasus yang terjadi aplikasi BSD terbaru akan terkendala dalam proses sinkronisasi online jika pada komputer/laptop masih terdapat aplikasi BSD helper (namun kasus ini tidak berlaku pada semua komputer)
  4. Setelah proses uninstal aplikasi BSD v2.06 selesai, selanjutnya silahkan lakukan instalasi BSD menggunakan aplikasi BSD v2.07 terbaru yang Anda miliki. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Cara Instal Aplikasi BSD v2.07
  5. Untuk mulai menjalankan aplikasi BSD ini, sebelumnya pastikan dulu komputer telah terkoneksi internet
  6. Pastikan pula aplikasi dapodikdas dalam keadaan logout atau tertutup.
  7. Klik kanan dan pilih 'Run as administrator' pada icon BSD yang ada pada laptop ( jika icon tidak muncul silahkan cari pada menu 'Start')
  8. Pastikan nama sekolah muncul pada jendela aplikasi BSD (silahkan pilih tanda panah jika terdapat lebih dari dari satu sekolah).
  9. Selanjunya klik 'Lanjutkan', maka proses sinkronisasi akan berjalan secara otomatis.
  10. Jika proses sinkronisasi berhasil maka akan muncul tampilan sebagai beikut.


CATATAN:
- Sinkronisasi BSD tidak dibatasi oleh hari pengiriman pada setiap wilayah sebagaimana yang terdapat pada sinkronisasi aplikasi dapodikdas, namun hanya ada pembatasan maksimal sinkronisasi pada setiap harinya. Jadi setelah melewati batas maksimal sinkronisasi perhari, secara otomatis aplikasi BSD akan gagal terkoneksi ke server. Solusinya lakukan sinkronisasi BSD di hari berikutnya.

Sekian tentang Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi pada Aplikasi BSD v2.07, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !