Cara Backup dan Restore Aplikasi Dapodik 2013

Aplikasi dapodik 2013 memang masih tergolong baru sehingga dibutuhkan pengetahuan lanjutan untuk mengenal lebih dalam lagi tentang aplikasi dapodik 2013 ini. Satu hal yang harus diketahui oleh Operator Sekolah yaitu tentang cara backup dan restore aplikasi dapodiknya, sebagai upaya untuk mencegah kehilangan data yang telah di entry pada aplikasi atau untuk menggunakan data pada komputer lain. Sebenarnya cara membackup aplikasi dapodik 2013 cukup mudah khusunya bagi operator yang sudah terbilang mahir dalam menggunakan aplikasi dapodik sebelumnya.

Berikut langkah untuk backup dan restore aplikasi dapodik 2013 :

1. Copy folder Dapodikdas yang berada directory C/ProgramFile/Dapodikdas dan paste ke tempat penyimpanan yang Anda kehendaki misal flahdisk, CD, atau pada directory D/E pada komputer/laptop yang sama. Proses pengcopian file ini memerlukan waktu yang cukup lama, jadi dibutuhkan sedikit kesabaran hingga proses selesai


2. Untuk restore misal hendak menggunakan hasil backup pada komputer lain. Instal dan registrasi aplikasi dapodik (kode registrasi harus sama dengan aplikasi kode registrasi yang ada pada data backup).
3. Nonaktifkan aplikasi dapodik 2013 yang Anda gunakan dengan cara klik start- ketik services.msc pada jendela pencarian - klik services - Klik kanan pada DapodikdasDB lalu pilih stop - Klik kanan juga pada DapodikdasWebSrv lalu stop.


4. Selanjutnya silahkan copy dan pastekan (replace) data backup pada aplikasi baru ke directory C/ProgramFile/Dapodikdas dan tungu hingga poses selesai.
5. Terakhir jalankan kembali aplikasi Anda dengan cara seperti langkah pada poin nomor 3 diatas namun pilih "start".
6. Selesai. Selanjutnya silahkan login pada aplikasi dapodik Anda.

Demikian tentang Cara Backup dan Restore Aplikasi Dapodik 2013, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !