"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Cara Agar Bisa Login ke Website P2TK Pendataan Dikdas

Cara Agar Bisa Login ke Website P2TK Pendataan Dikdas seringkali ditanyakan oleh para guru yang mengalami kesulitan saat ingin mencek datanya, baik itu data dapodik, maupun SK akreditasi. Berikut sedikit uraian yang mungkin bisa membantu rekan-rekan guru semua.

1. Jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Internet Explorer (pilih salah satu), pastikan JavaScript dalam keadaan aktif. Untuk mengaktifkan JavaSript pada masing-masing browser di atas perhatikan langkah-langkah berikut :
  • Mozilla Firefox
    Buka Mozilla Firefox - Pilih Tools - Options - Content - Pastikan Enable JavaScript dalam keadaan tercetang. Silahkan centang pada Enable JavaScript jika sebelumnya dalam keadaan tidak aktif atau tidak tercentang. Terakhir klik OK.
  • Google Chrome
    Buka Google Chrome - Pilih Customize and Control google Chrome yang terdapat pada pojok kanan atas - Setting - Show Advanced Settings (scroll ke bawah) - Privacy - Content Setting - Centang pada Allow all sites to run JavaScript (recommended) - Done.
  • Internet Explorer
    Buka Internet Explorer - Pilih
    menu Tools - Internet Options - Security - Custom Level -  Scripting - Active Scripting - pilih Enable - OK.
2. Jika website sulit diakses atau mengalami error saat dibuka, kemungkinan website sedang down yang diakibatkan terlalu banyaknya pengunjung/ traffik yang sedang akses. Solusinya silahkan dibuka saat di luar jam sibuk misal di malam hari.

3. Website bisa terbuka namun saat hendak login tampil peringatan Username atau pasword salah, maka silahkan cek apakah data User atau Pasword yang Anda ketikkan sudah benar. Pastikan dalam memasukkan Username dan Password tidak Anda copy paste dari data file yang tersimpan tapi silahkan Anda ketik secara manual satu persatu, hal ini menjaga kemungkinan adanya format yang tidak cocok pada data yang akan Anda masukkan.

4. Jika langkah-langkah diatas telah Anda lakukan namun tetap tidak bisa login/akses, silahkan Anda coba menggunkan komputer lain yang juga terkoneksi internet. Hal ini menjaga kemungkinan komputer dalam keadaan tidak baik misal: terserang virus, aplikasi rusak, ataupun program tidak mendukung. 

5. Jika mengalami kesalahan data silahakan Anda menghubungi Operator Sekolah Anda masing-masing atau Jika terdapat permasalahan terkait  Verifikasi Data PTK, silahkan kirim email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com dengan menyertakan nomor NUPTK guru/tenaga kependidikan yang hendak ditanyakan.

Demikian sekilas tentang Cara Agar Bisa Login ke Website P2TK Pendataan Dikdas, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Terima kasih infonya Pak. Sangat bermanfaat sekali !

    BalasHapus
  2. maaf pak, kalu informmasi yang muncul cuma data guru kenapa ya? sedangkan data tunjangan profesi tidak ada, padahal sudah ada sk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek lagi data di aplikasi dapodiknya, kemungkinan data kembali tidak valid setelah SK diterbitkan.

      Hapus